Ulang Tahun iPhone ke-10, Apa yang Apple akan Luncurkan?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 12:10 WIB
appleiphoneapple watch
Ulang Tahun iPhone ke-10, Apa yang Apple akan Luncurkan?
Apple akan mengadakan acara di Cupertino Park besok. (AP Photo / Mark Lennihan, File)

Metrotvnews.com: Apple akan mengadakan acara untuk merayakan ulang tahun ke-10 iPhone besok. Sejauh ini, telah banyak rumor yang beredar tentang perangkat-perangkat baru yang akan Apple perkenalkan dalam acara yang akan diadakan di Steve Jobs Theater di Apple Park Cupertino itu. 

Inilah kumpulan produk yang diduga akan Apple pamerkan besok.

iPhone X
Situs asal Belanda, iCulture, melaporkan bahwa ponsel terbaru Apple akan disebut iPhone X. Ini akan menjadi kali pertama Apple menggunakan angka romawi. Namun, mengingat tahun ini adalah tahun spesial, tidak aneh jika Apple ingin melakukan sesuatu yang berbeda untuk smartphone paling premiumnya. 

Selain iPhone X, Apple juga diperkirakan akan meluncurkan dua iPhone baru yang lain. Keduanya didugaakan dinamai iPhone 7s dan 7s Plus. Dari namanya, terlihat keduanya akan menjadi penerus dari iPhone 7. Kemungkinan, iPhone 7s itu akan memiliki desain serupa iPhone 7 dengan spesifikasi yang lebih baru. 

iOS 11
Sistem operasi mobile terbaru dari Apple, yang telah tersedia dalam versi beta sejak bulan Juni, akan diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat. OS baru tersebut akan membawa beberapa fitur baru seperti pembayaran antar individu via Apple Pay, Siri yang lebih natural, lock screen dengan Notification Center baru, Apple Maps yang lebih baik dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga perubahan antarmuka yang akan memudahkan penggunaan iPad. 



Satu fitur utama lain dari iOS 11 adalah ARKit, platform Augmented Reality baru dari Apple yang akan memanfaatkan kamera dan sensor pada perangkat iOS untuk menawarkan pengalaman AR. Setelah ARKit rilis secara resmi, kemungkinan, akan mulai muncul konten AR. 

Apple Watch 3
Smartwatch generasi baru dari Apple mungkin memiliki desain serupa pendahulunya. Namun, perangkat tersebut dikabarkan akan dilengkapi dengan satu fitur baru, yaitu slot SIM untuk konektivitas LTE mandiri. Itu artinya, Apple Watch tidak akan terlalu tergantung pada iPhone. Mungkin, ia akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan. 

Apple TV
Apple terakhir kali meluncurkan Apple TV 2 tahun lalu. Kini, perusahaan asal Cupertino itu diduga akan meluncurkan Apple TV baru yang telah mendukung resolusi 4K atau bahkan HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih terang.

Selain itu, Apple telah mulai memproduksi konten film sendiri. Beberapa tahun ke depan, penggemar Apple akan bisa melihat konten seperti apa yang dibuat Apple dengan dana USD1 miliar (Rp13,2 triliun). 

macOS High Sierra
Apple meluncurkan High Sierra, update untuk macOS, pada bulan Juni lalu. Salah satu hal yang dijanjikan Apple melalui update ini adalah kemampuan menjelajah internet dengan Safari lebih cepat dan lebih aman. Selain itu, Apple juga akan memberikan dukungan untuk perangkat grafis eksternal, Metal 2 API, tool editing baru di Photos, antarmuka Mail baru dan sistem file baru yang dapat memproses lebih cepat. 



iPad Mini
Tablet buatan Apple dengan ukuran yang lebih kecil telah tidak mendapatkan pembaruan selama 2 tahun. Karena itu, banyak orang yang menduga Apple akan meluncurkan iPad Mini baru dengan spesifikasi yang lebih baru. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.