Xiaomi Juga Pamer Mi Note 3, Seperti Apa?

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 11 Sep 2017 15:58 WIB
xiaomi
Xiaomi Juga Pamer Mi Note 3, Seperti Apa?
Xiaomi Mi Note 3 tawarkan nuansa Mi 6.

Metrotvnews.com, Beijing: Xiaomi secara mengejutkan memperkenalkan smartphone baru di tengah-tengah peluncuran Mi Mix 2. Smartphone baru tersebut bernama Xiaomi Mi Note 3, yang disebut-sebut sebagai Mi 6 dengan layar yang lebih besar.

Secara desain, Mi Note 3 memang tampil seperti Mi 6 dan memiliki bodi berbahan aluminium. Namun, perbedaan yang paling mencolok adalah ponsel ini memiliki layar yang lebih besar, yaitu 5,5 inci.

Mi Note 3 juga masih menggunakan dua kamera utama beresolusi 12MP untuk setiap sensor kameranya. Dua kamera tersebut juga masih menggunakan lensa telephoto dan wide angle, sama seperti Mi 6. Bedanya, pihak Xiaomi mengklaim kamera pada Mi Note 3 sudah lebih ditingkatkan secara software. Salah satu yang diperbaiki adalah algoritma yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto bokeh (efek background buram) lebih baik.

Kamera depan juga diklaim mendapatkan perbaikan. Sensor yang digunakan pada kamera depan smartphone ini memiliki besar pixel hanya 2um. Selain itu, Mi Note 3 juga hadir dengan software selfie yang etlah ditingkatkan. CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan pengguna yang mengambil selfie dengan Mi Note 3 tidak perlu berdandan terlebih dulu.

Hal tersebut dikarenakan software selfie pada Mi Note 3 menggunakan teknologi kecerdasan buatan khusus untuk mengenali tingkat dan jenis beutification yang dibutuhkan agar wajah terlihat natural. Teknologi kecerdasan buatan tersebut bahkan diklaim bisa mengenali 256 titik pada wajah.



Sistim beutification tersebut juga bakal diterapkan tidak hanya untuk wajah wanita, tetapi juga untuk pria. Menggunakan teknologi kecerdasan buatan tersebut, Mi Note 3 mampu mengenali struktur tulang seseorang dalam bentuk 3D dan bisa mengenali wajah pria. Hasilnya, pria yang menggunakan fitur ini tidak akan "didandani" seperti wanita.

Secara spesifikasi, Mi Note 3 masih sangat mirip dengan Mi 6. Smartphone ini masih menggunakan RAM sebesar 6GB sehingga masih sangat baik untuk menangani kegiatan multitasking. Sayangnya, prosesor yang digunakan lebih rendah.

Mi Note 3 menggunakan Snapdragon 660, berbeda dengan Snapdragon 835 yang digunakan di Mi 6. Baterai juga sedikit berbeda di smartphone ini, dimana Mi Note 3 memiliki baterai lebih besar yaitu 3.500 mAh dibanding dengan Mi 6 yang hanya 3.350 mAh.

Fitur baru juga disematkan di smartphone ini, salah satunya adalah face recognition atau sistim pengenal wajah. Teknologi tersebut dapat digunakan untuk membuka kunci smartphone.

Xiaomi mengklaim teknologi face recognition pada Mi Note 3 sama kencangnya dengan fingerprint. Fitur ini dinilai sangat penting karena fingerprint memiliki batasan seperti tidak bisa digunakan ketika tangan basah dan tidak bisa digunakan ketika menggunakan sarung tangan.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

23 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.