Pendiri Startup Sebaiknya Mengerti Coding, Kenapa?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 16 Mar 2017 17:48 WIB
startup
Pendiri Startup Sebaiknya Mengerti Coding, Kenapa?
Marketing Director Purwadhika, Mandy Purwa Hartono.

Metrotvnews.com, Tangerang: Purwadhika Startup & Coding School resmi hadir di BSD City. Purwadhika merupakan lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri di bidang startup, coding dan Internet of Things (IoT).

Dalam acara yang diadakan di Green Office Park, Marketing Director Purwadhika, Mandy Purwa Hartono menjelaskan pentingnya seorang pendiri startup mengerti pemrograman.

Idealnya, Mandy menjelaskan, membuat startup memerlukan biaya yang tidak banyak. Jika para pendiri memiliki kemampuan untuk membuat program atau aplikasi, maka mereka dapat mengembangkan situs/aplikasi yang mereka perlukan sendiri. Dengan begitu, mereka bisa menghemat biaya. 

"Banyak founder yang tidak mengerti teknis, tidak memiliki developer, akhirnya mereka mempekerjakan developer pihak ketiga," kata Mandy. "Dan ini memakan biaya yang tidak sedikit." Sebaliknya, jika para pendiri mengerti pemrograman, mereka hanya memerlukan biaya untuk membeli domain.

Mandy menceritakan, berdasarkan pengalamannya, ada sebuah startup yang meminta developer asal India untuk membuat sebuah aplikasi mobile. Untuk itu, diperlukan biaya hingga Rp500 juta. Itu hanya untuk aplikasi versi pertama. "Bisa bayangkan biaya yang diperlukan untuk membuat versi kedua."

Selain menghemat biaya, pemahaman teknis pada pendiri startup akan menghindari masalah di masa depan, ketika startup sudah besar. "Karena kalau founder tidak mengerti teknis, mereka akan bergantung pada pihak lain." Hal ini, menurut Mandy, akan membuat pendiri bingung ketika terjadi masalah pada aplikasi atau situs.

Karena itulah, Mandy menjelaskan, di Purwadhika, sekalipun mereka menyediakan pelatihan untuk desain, mereka juga akan mengajarkan para pesertanya tentang pemprograman.


(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

6 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /