Obama Enggan Berikan Pengampunan Kepada Snowden

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 22 Nov 2016 12:55 WIB
edward snowden
Obama Enggan Berikan Pengampunan Kepada Snowden
Obama mengimplikasikan dia tidak mau mengampuni Snowden. (AFP PHOTO / Philippe LOPEZ)

Metrotvnews.com: Dalam sebuah wawancara yang diadakan minggu lalu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengimplikasikan bahwa dia tidak akan memberikan pengampunan pada Edward Snowden karena sang whistleblower tersebut tidak pernah maju ke pengadilan.

Namun, para penasehat Snowden berargumen bahwa sebelum ini, telah ada preseden terkait pemberian pengampunan pada seseorang yang tak pernah ke pengadilan.

"Saya tidak bisa mengampuni seseorang yang tidak pernah ke pengadilan untuk membela dirinya, jadi saya tidak akan berkomentar tentang hal ini sekarang," kata Obama dalam sebuah wawancara dengan koran Jerman Der Spiegel dan stasiun TV ARD.

"Saya rasa, Snowden telah mengangkat beberapa isu penting. Cara dia melakukan hal ini tidak mengikuti prosedur dalam komunitas intelijen. Jika semua orang menggunakan pendekatan bahwa saya harus membuat keputusan sendiri tentang hal-hal ini, maka membuat pemerintah atau sistem keamanan nasional yang teratur adalah hal yang sulit untuk dicapai."

"Ketika Snowden bersedia untuk hadir di hadapan badan hukum dan memberikan argumennya atau membiarkan para pengacaranya menjelaskan argumennya, saya rasa hal itu harus dipertimbangkan," ujar Obama, seperti yang dikutip dari The Verge.

Wawancara itu, yang dipublikasikan pada hari Jumat, menandai pertama kalinya Obama berkomentar tentang Snowden setelah munculnya kampanye yang meminta agar dia diampuni pada bulan September lalu. Snowden dituduh atas Peraturan Espionase karena membocorkan ribuan dokumen rahasia NSA pada tahun 2013. Dia berkata, dia seharusnya diampuni karena pembocoran tersebut menguntungkan masyarakat luas.

Pada tahun 2014, Obama mengakui bahwa debat tentang keamanan nasional melawan privasi akan "membuat kita lebih kuat."

Director dari kampanye Pardon Snowden, Noa Yachot, mempertanyakan argumen Obama dalam sebuah blog yang dia rilis pada hari Jumat. Dia menyebutkan, sebelum ini, para presiden -- termasuk Obama -- telah mengampuni orang yang juga tidak pernah hadir di pengadilan.

"Dengan mengampuni Snowden, Presiden Obama akan memperkuat warisan eranya dan mengirimkan pesan kuat ketika dia turun sebagai presiden -- bahwa melawan penyalahgunaan kekuasaan pemerintah adalah sebuah tradisi yang harus kita jaga dan kita teruskan dalam 4 tahun ke depan," kata Yachot. 

Jika Obama tetap berkeras untuk tidak mengampuni Snowden, kecil kemungkinan dia akan mendapatkan pengampunan dalam masa kepresidenan Donald Trump, terutama karena Direktur CIA pilihan Trump ingin mengeksekusi Snowden.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /