Ada 2 Smartwatch Google Baru Tahun Depan

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 15 Oct 2016 10:59 WIB
googlesmartwatch
Ada 2 Smartwatch Google Baru Tahun Depan
Google akan merilis smartwatch bersistem operasi Android 2.0 pada awal tahun 2017.

Metrotvnews.com: Melalui akun Twitter miliknya, EvLeaks, Evan Blass mengumumkan bahwa Google akan merilis sepasang smartwatch baru. Kedua smartwatch yang menggunakan Android Wear 2.0 ini akan meluncur pada rentang waktu Januari hingga Maret 2017.

Kedua smartwatch ini diperkirakan akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan Android Wear 2.0, versi terbaru dari platform perangkat wearable dari Google. Platform ini akan dilengkapi dengan toko aplikasi dan fitur Smart Reply yang lebih baik.

Smartwatch tersebut dikabarkan mengusung kode nama Swordfish dan Angelfish. Perangkat dengan kode nama Swordfish merupakan jam tangan 42mm yang dapat dioperasikan dengan satu tombol, dan memiliki oleh tali yang dapat dilepas dan ditukar. Smartwatch Swordfish akan ditawarkan dalam warna perak, titanium dan rose gold.

Sementara itu, smartwatch dengan kode nama Angelfish hadir dengan dukungan teknologi lebih canggih. Perangkat ini dilengkapi dengan konektivitas LTE dan GPS terintegrasi, memungkinkan jam berfungsi sebagai perangkat mandiri tanpa perlu terhubung dengan smartphone.



Angelfish juga dikabarkan akan dilengkapi dengan sensor detak jantung dan tiga tombol fisik sebagai pengendali. Gambar kedua smartwatch terbaru Google ini juga telah beredar di internet, menampilkan desain sederhana dan berbentuk bulat khas Google.

Pada bulan Mei lalu, Google dikabarkan mengembangkan radar sensor mini yang dapat menerjemahkan gerakan tangan menjadi sinyal digital untuk digunakan pada wearable. Proyek tersebut bernama Project Soli.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.