OnlinePajak Dapat Investasi Rp380 Miliar

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 23 Oct 2018 18:24 WIB
teknologistartupfintech
OnlinePajak Dapat Investasi Rp380 Miliar
CEO & Founder OnlinePajak Charles Guinot

Jakarta: OnlinePajak meraih pendanaan Seri B senilai lebih dari USD25 juta atau setara Rp380 miliar. Investasi tersebut awalnya dipimpin Warburg Pincus, kemudian diikuti Global Innovation Fund (GIF), dan Endeavor Catalyst.

Investor OnlinePajak sebelumnya, Alpha JWC Ventures, Sequoia India, dan Primedge juga berpartisipasi dalam pendanaan kali ini.
 
Didirikan pada 2015, OnlinePajak adalah aplikasi perpajakan terintegrasi berbasis web yang dapat digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan hitung, setor, dan lapor pajak dalam satu platform.
 
“Pendanaan Seri B dari perusahaan ekuitas terkemuka adalah validasi model bisnis kami. Dengan investasi baru ini, kami akan mewujudkan sebuah revolusi dalam kepatuhan pajak melalui teknologi seperti kecerdasan buatan dan blockchain,” tutur CEO & Founder OnlinePajak Charles Guinot.
 
OnlinePajak membangun model bisnis pengelolaan pajak secara gratis dengan tambahan fitur premium seperti invoicing dan payroll. OnlinePajak mengklaim merangkul perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap dampak positif bagi masyarakat luas, seperti Global Innovation Fund, Primedge, dan Endeavour Catalyst sebagai pemegang saham.
 
"Kami percaya bahwa perusahaan ini memiliki potensi pertumbuhan yang luar biasa," kata Head of Southeast Asia dari Warburg Pincus, Jeffrey Perlman.
 
Warburg Pincus adalah perusahaan ekuitas swasta global yang berfokus terhadap investasi pertumbuhan perusahaan. Didirikan pada 1966, Warburg Pincus telah menginvestasikan lebih dari USD68 miliar di lebih dari 825 perusahaan secara global, termasuk di startup unicorn pertama di Indonesia, Go-Jek.
 
GIF adalah perusahaan penyedia dana yang berinvestasi kepada perusahaan pemberi dampak sosial, terutama di tempat-tempat yang penduduknya hidup dengan USD5 per hari.

Sejak 2015, GIF telah menginvestasikan USD65 juta dalam 34 inisiatif di seluruh Afrika, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Sementara itu, Endeavour Catalyst adalah “kendaraan investasi” yang dibentuk untuk mendukung Endeavor Entrepreneurs.
 
Sebelumnya, OnlinePajak juga telah berhasil meraih pendanaan Seri A melalui penanam modal lokal dan asing di akhir 2017. Investasi tersebut awalnya dipimpin oleh Alpha JWC Ventures, perusahaan modal ventura yang telah menancapkan kukunya di sejumlah perusahaan teknologi besar di Indonesia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.