WhatsApp Android Beta Terima Fitur Baru

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 09 Apr 2018 13:06 WIB
whatsapp
WhatsApp Android Beta Terima Fitur Baru
WhatsApp menggulirkan fitur baru memberitahukan kontak saat pengguna mengubah nomor ponsel.

Jakarta: WhatsApp telah menggulirkan fitur baru untuk pengguna aplikasi pesan instan versi Android Beta. Fitur tersebut memungkinkan pengguna yang mengubah nomor ponsel yang digunakan untuk WhatsApp, untuk mengirimkan notifikasi kepada kontak.

Fitur baru ini ditemukan pada WhatApps versi Android beta dengan nomor versi 2.18.97 dengan nama Change Number feature dan menampilkan tiga opsi notifikasi. Tiga pilihan yang dihadirkan untuk pengguna ditujukan untuk memberitahukan kontak yang memiliki percakapan dengan pengguna, atau memberitahukan kontak terpilih.

Untuk mengirimkan notifikasi tersebut, anggota WhatsApp beta dapat mengakses WhatsApp Settings > Account > Change Number. Di sudut kanan atas pengguna akan menemukan opsi Next untuk diketuk, dan mengetikan nomor ponsel lama dan baru.

Setelahnya, pengguna perlu mengklik kembali opsi Next pada layar dan mengaktifkan opsi Notify My Contacts. Pengguna kemudian dapat memilih kontak yang akan dikirimi notifikasi dari opsi All Contacts, Contacts tah You've Chat with, atau Custom.

Kemampuan tersebut akan tersedia pada versi final dari aplikasi ini pada platform Android, iOS dan Windows. Hingga saat ini, WhatsApp belum mengumumkan rentang waktu untuk peluncuran fitur Change Number ini secara global. WhatsApp juga dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi bisnis baru untuk Windows 10 Mobile.

Sebelumnya, menanggapi skandal yang dihadapi Facebook terkait Cambridge Analytica, salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, membuat cuitan yang menyebutkan bahwa sudah waktunya akun Facebook dihapus. "Sudah waktunya," tulis Acton melalui akun Twitter miliknya, lengkap dengan tagar #deletefacebook.

Selain itu, WhatsApp setuju untuk berhenti membagikan data dengan perusahaan induknya, Facebook, sampai mereka berdua bisa menemukan cara berbagi data yang tidak melanggar Regulasi Perlindungan Data Umum (GDPR) yang akan Uni Eropa sahkan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.