Lawan Hoax, YouTube Sediakan Kolom Video Berita

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Jul 2018 10:15 WIB
youtubegoogle
Lawan Hoax, YouTube Sediakan Kolom Video Berita
Ilustrasi.

Jakarta: YouTube dikabarkan sudah menyiapkan fitur baru yang akan digulirkan segera. Dikutip dari Tech Crunch bahwa fitur ini dihadirkan untuk memberikan edukasi sekaligus memerangi penyebaran hoax.

Kabar yang sudah dikonfirmasi oleh YouTube lewat blog resminya ini menjelaskan bahwa dalam setiap pencarian video di YouTube serta video yang ditonton, akan tersedia sebuah kartu informasi yang berkaitan dengan momen atau suatu peristiwa tampil.

Contohnya, apabila Anda melakukan pencarian video YouTube mengenai pendaratan manusia di bulan, akan muncul sebuah potongan artikel yang memberikan penjelasan mengenai momen atau peristiwa di dalam video tersebut.



Potongan artikel ini dijelaskan oleh Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dan Chief Business Officer YouTube Robert Kuncl akan berasal dari informasi pihak ketiga yang oleh Google sudah digandeng untuk berkomitmen menyediakan informasi sebenarnya.

Tidak hanya menampilkan potongan artikel, pengguna juga bisa mengklik potongan artikel tersebut untuk mengakses tautan ke penjelasan lebih lengkap.

YouTube menyebutkan bahwa untuk pengembangan fitur dan kemitraan dengan lembaga jurnalistik atau media, mereka telah menggelontorkan dana sebesar USD25 juta (Rp359 miliar).



Tidak hanya potongan artikel, YouTube juga akan menyediakan baris atau kolom bernama Top News and Breaking News, berisi kumpulan video yang berasal dari media jurnalistik yang sudah dipercaya.

Hal ini tentunya membuat YouTube juga berfungsi sebagai konten agregator berita dari berbagai sumber dalam bentuk video bagi pengguna internet, yang lebih menyukai berita dalam bentuk konten video.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.