Google Berencana Bawa Tiga Smartwatch Pixel Tahun ini

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 12 May 2018 12:13 WIB
google
Google Berencana Bawa Tiga Smartwatch Pixel Tahun ini
Google dilaporkan berencana untuk meluncurkan smartwatch bermerek Pixel pada musim gugur mendatang.

Jakarta: Tahun 2018 diperkirakan sebagai tahun yang baik bagi Google. Setelah mengungkapkan Android P pada awal tahun ini, Google bersiap untuk menghelat acara besar lain dan akan dimanfaatkan sebagai ajang dua smartphone Pixel terbarunya.

Namun menurut pembocor Evan Blass, Google berencana untuk memperkenalkan jam tangan bermerek Pixel pada musim gugur bersamaan dengan smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Google juga dilaporkan tengah mengembangkan tiga jam tangan cerdas berbeda.

Roland Quandt dari WinFuture mengklaim bahwa smartwatch bermerek Pixel pertama Google mengusung kodenama Triton, Ling dan Sardine. Ketiga perangkat ini akan didukung prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon Wear 3100, disebut berbekal kemampuan mengonsumsi baterai lebih efisien.

Sayangnya, masih belum tersedia informasi terkait jumlah versi ukuran yang akan dihadirkan oleh Google selain tiga versi tersebut. Selain itu, juga belum tersedia informasi terkait dengan ketersediaan dukungan jaringan LTE pada smartwatch Google ini. 

Sebelumnya dalam konferensi I/O, Google berkata pada para developer bahwa pengguna tidak lagi perlu khawatir datanya disalahgunakan oleh aplikasi berkat berbagai pembaruan pada Android P. Google menegaskan pada sistem operasi ini, kamera, mikrofon atau sensor lain tidak dapat diakses saat aplikasi berjalan di latar.

Selain itu pada konferensi yang sama, CEO Google Sundar Pichai memperkenalkan dan mendemonstrasikan Google Duplex. Dalam demonstrasinya, Duplex terdengar sangat manusiawi karena Google membiarkan Duplex menggunakan kata-kata tanpa makna seperti "uh" dan "um", layaknya manusia.

Sementara itu, Google juga mengumumkan pertumbuhan YouTube di Indonesia yang signifikan selama tahun 2017, didukung oleh penambahan jumlah konten unggahan kreator asal Indonesia yang disebut meningkat sebesar dua kali lipat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.