Sejumlah Pengguna Android Mulai Terima Google Photos Color Pop

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 13 May 2018 12:43 WIB
google
Sejumlah Pengguna Android Mulai Terima Google Photos Color Pop
Fitur baru Google Photos, Color Pop, mulai tersedia pada sejumlah aplikasi di perangkat pengguna.

Jakarta: Diumumkan pada ajang Google I/O pekan lalu, fitur baru bertajuk Color Pop yang didukung oleh AI mulai bergulir kepada aplikasi Google Photos pada sejumlah perangkat pengguna.

Color Pop secara otomatis akan mengubah warna latar pada foto menjadi hitam dan putih, sedangkan subyek foto tetap berwarna.

Dengan demikian, subyek akan tampil lebih menonjol dan warna pada foto akan lebih menarik berkat kontras antara bagian berwarna hitam dan putih serta bagian berwarna pada gambar. Agar dapat memanfaatkan Color Pop, subyek harus mudah dikenali oleh server Google.

Jika gambar tidak memenuhi persyaratan tersebut, notifikasi akan muncul pada tab Assistant di aplikasi Google Photos versi 3.20. Salah satu pengguna Reddit berbagi gambar yang dipotret dan diedit menggunakan Color Pop, dan menggunakan Pixel 2 bersistem operasi Andoid P Beta.

Namun, perlu diingat bahwa saat ini, Color Pop bukanlah fitur edit yang dapat diterapkan pengguna secara manual pada foto. Hal ini mungkin akan berubah di masa mendatang, saat teknologi pendukungnya telah lebih baik, namun saat ini proses edit baru dapat dilakukan secara otomatis.

Sebelumnya dalam konferensi I/O, Google berkata pada para developer bahwa pengguna tidak lagi perlu khawatir datanya disalahgunakan oleh aplikasi berkat berbagai pembaruan pada Android P. Google menegaskan pada sistem operasi ini, kamera, mikrofon atau sensor lain tidak dapat diakses saat aplikasi berjalan di latar.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.