Apple Rayakan Ulang Tahun iMac ke-20

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 07 May 2018 17:12 WIB
appleimac
Apple Rayakan Ulang Tahun iMac ke-20
Kemarin menjadi perayaan ulang tahun iMac ke-20. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)

Jakarta: Komputer iMac buatan Apple pertama kali diperkenalkan pada 1998. Kemarin, Minggu (6/5/2018), merupakan perayaan peluncuran iMac yang ke-20. CEO Apple Tim Cook merayakan hal ini dengan menunggah sebuah kicauan. 

"Dua puluh tahun lalu, Steve memperkenalkan iMac ke dunia. Ini membuka jalan baru bagi Apple dan mengubah cara orang melihat komputer," kata Cook. 
 


CNET melaporkan, iMac pertama kali diluncurkan pada 6 Mei 1998 oleh Steve Jobs yang ketika itu menjabat sebagai CEO Apple. Melalui iMac, Apple memperkenalkan desain "all-in-one" yang dianggap radikal ketika itu. 

Komputer iMac memiliki monitor CRT, motherboard dan drive CD-ROM yang tersimpan dalam casing bening berbentuk telur. Sebagai perbandingan, sebuah komputer biasanya memiliki casing besar berbentuk menara yang harus dihubungkan ke monitor eksternal. 

Komputer Apple pertama itu memiliki prosesor PowerPC dengan kecepatan 233-MHz, hard drive sebesar 4GB dan dijual dengan harga USD1.299 di Amerika Serikat. Meskipun diperkenalkan pada bulan Mei, komputer ini baru tersedia di pasar pada Agustus. 

Komputer iMac pertama adalah kolaborasi besar pertama antara Chief Designer Apple, Jonny Ive dengan Jobs, salah satu pendiri Apple legendaris yang kembali dipekerjakan oleh Apple pada 1997 setelah dipecat pada 1985. Kesuksesan iMac menjadi katalis dari produk-produk sukses yang Apple luncurkan kemudian.

Dalam waktu sepuluh tahun setelah peluncuran iMac, Apple meluncurkan iTunes, Apple Stores, iPod dan iPhone. Hal ini mengubah keadaan Apple, dari perusahaan yang kesulitan bertahan menjadi salah satu perusahaan paling sukses di dunia. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.