Sepi Pengguna, Facebook Setop Tiga Aplikasi

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 03 Jul 2018 11:06 WIB
facebook
Sepi Pengguna, Facebook Setop Tiga Aplikasi
Facebook.

Jakarta: Meskipun mampu menciptakan media sosial dengan jumlah yang begitu banyak rupanya ada juga aplikasi dari Facebook atau induk media sosial tersebut yang justru sepi pengguna.

Dikutip dari TechCrunch, Facebook menyatakan lewat pengumuman di situs resminya bahwa mereka menutup tiga aplikasi buatannya yang terdiri dari Hello, Moves, dan TBH.

Hello diluncurkan tahun 2015 untuk negara berkembang, serta ditujukan khusus pengguna Android. Aplikasi ini serupa seperti TrueCaller yakni menghubungkan daftar kontak di akun Facebook ereka dengan fitur panggilan telepon.

Kini fitur serupa Hello sudah ditanamkan oleh Facebook lewat aplikasi Facebook Messenger. Sementara Moves adalah aplikasi kebugaran yang diluncurkan tahun 2014 dan terintegrasi dengan akun media sosial penggunanya.

Aplikasi ini bisa merekam kegiatan speerti berjalan, bersepeda, dan berlari atau jogging kemudian membagikannya di akun Facebook penggunanya. Aplikasi ini diciptakan untuk mengusung tren mengunggah catatan olah raga atau kebugaran ke media sosial saat itu.

Aplikasi TBH sendiri tergolong masih muda yakni aplikasi buatan sebuah startup yang kemudian diakuisisi oleh Facebook di tahun 2017. Aplikasi ini merupakan media sosial anonim yang ditujukan untuk pengguna kalangan remaja.

Aplikasi TBH memberikan kesempatan bagi pengguna kalangan remaja untuk memberikan pujian kepada sesama penggunanya atau membuat kuis polling dengan mode anonim sehingga mereka tidak mengetahui siapa yang merespon unggahan yang dibuat.

Mengutip data dari Sensor Tower yang memantau jumlah pengguna ketiga aplikasi tersebut, jumlah penggunanya tergolong sangat sedikit. Aplikasi Hello ada 570.000 pengunduh, TBH 6,4 juta, dan Moves hanya 13 juta.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.