Ingin Saingi iPad, Microsoft akan Rilis Surface Berharga Terjangkau?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 17 May 2018 11:07 WIB
microsoftmicrosoft surface
Ingin Saingi iPad, Microsoft akan Rilis Surface Berharga Terjangkau?
Selama ini, Microsoft lebih fokus pada lini Surface Pro.

Jakarta: Microsoft berencana meluncurkan lini tablet Surface berharga terjangkau pada semester dua 2018 paling cepat.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan pangsa pasar di perangkat dengan harga lebih terjangkau yang kini didominasi oleh Apple dengan iPad, menurut narasumber Bloomberg

Sebelum ini, Microsoft telah mencoba untuk mencuri pangsa pasar Apple. Perusahaan software tersebut mencoba untuk masuk ke pasar hardware konsumen pada 2012 dengan meluncurkan Surface RT.

Ketika itu, tablet tersebut dihargai USD499. Sayangnya, baik konsumen maupun kritikus kurang menyukai perangkat tersebut. Microsoft kemudian fokus membuat Surface Pro, yang harganya lebih mahal. 

Jajaran tablet baru dari Microsoft ini akan memiliki layar 10 inci, kurang lebih sama dengan iPad standar, tapi lebih kecil dari layar Surface Pro, yang memiliki besar 12 inci.

Lini surface baru ini, yang dihargai sekitar USD400 (Rp5,6 juta), akan memiliki sudut yang melengkung, berbeda dengan sisi kotak yang ada pada lini Surface Pro sekarang. 

Surface baru ini juga dikabarkan akan memiliki port USB-C, menjadikannya sebagai tablet Surface pertama yang memiliki konektivitas tersebut. Selain itu, tablet itu juga akan memiliki standar sinkronisasi dan pengisian baterai yang sama dengan smartphone terbaru. 

Tablet ini diperkirakan akan 20 persen lebih ringan dari Surface Pro premium. Namun, tablet tersebut memiliki baterai dengan daya tahan empat jam lebih sedikit. Saat ini, Surface Pro dapat bertahan sekitar 13,5 jam dalam satu pengisian. Untuk masalah spesifikasi, Intel dikabarkan akan menyuplai chip prosesor dan grafis untuk perangkat tersebut. 

Juru bicara Microsoft menolak berkomentar terkait rencana ini. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.