Lenovo Pamer ThinkPad Edisi Ulang Tahun, Tapi...

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Oct 2017 22:51 WIB
lenovohardware
Lenovo Pamer ThinkPad Edisi Ulang Tahun, Tapi...
Laptop Lenovo ThinkPad edisi terbatas 25th Anniversary.

Metrotvnews.com, Jakarta: Merayakan ulang tahun ke-25 Lenovo mengumumkan laptop ThinkPad yang mereka rilis khusus untuk momen bersejarah tersebut. Sayangnya, ThinkPad edisi ulang tahun itu tidak akan beredar di Indonesia.

Seperti yang diketahui, ThinkPad adalah salah satu laptop yang terpopuler. Selama 25 tahun persisnya sejak tahun 1992, rumpun laptop ini terus diproduksi. Meskipun begitu, perubahan desain dari ThinkPad tidak banyak terlihat bahkan hingga di edisi ulang tahun kali ini.

"Bayangkan saja, perusahaan yang bisa memproduksi perangkat dan masih populer hingga 25 tahun tentu tidak banyak. Makanya, kali ini kami dengan bangga memperkenalkan ThinkPad edisi 25th Anniversary. Desainnya tentu saja tidak banyak berubah tapi yang pasti performanya jauh lebih baik," tutur Kevin Beck, Senior Worldwide Competitive Analyst Lenovo saat menceritakan sejarah ThinkPad di Jakarta.

"Laptop mana yang di usia ke-25 tahun masih bisa dideskripsikan dengan muda? Tentu saja ThinkPad, laptop dengan desain  persegi berwarna hitam dengan titik merah di tengah papan keyboard," imbuh Kevin.



Thinkpad edisi 25th Anniversary yang diproduksi terbatas ini mengusung desain retro alias jaman dahulu, seperti lapisan permukaan yang menggunakan material karet plastik, keyboard model ThinkVantage dengan tombol 'enter' berwarna biru.

Bagian logo yang berada di suduk kanan palm rest juga menggunakan warna warni seperti pada masa ThikPad IBM. Selain itu indikator status dilengkapi dengan banyak lampu LED, sehingga menghadirkan kesan klasik yang sangat kental.

Kevin menyebutkan, desain perangkat spesial Lenovo kali ini masih mirip dengan desain ThinkPad T470. Spesifikasi yang dibawa cukup mumpuni di balik desain yang sangat sederhana dengan bobot yang ringan, di antaranya prosesor Intel Core i7-7500U didukung RAM 16GB dan memori internal SSD 512GB.

Kartu grafis yang digunakan adalah NVIDIA GeForce 940MX yang mendukung layar sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD.

Sayangnya, laptop yang dikabarkan banderol dijual seharga USD1.899 atau setara Rp25 juta ini tidak akan dijumpai di Indonesia. Pihak Lenovo mengaku sama sekali tidak bisa membawanya ke Indonesia. Di Asia sendiri, perangkat ini hanya bisa dijual di Singapura dan Hong Kong.

"Untuk sebuah produk seperti laptop bisa dijual di Indonesia perizinannya paling cepat 4 bulan, sedangkan laptop ini diproduksi terbatas di negara asalnya. Jadi, tidak sempat mendistribusikan ke Indonesia," tutur SMB and Large Enterprise Lead Lenovo Indonesia, Irene Santoso.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.