Earth-Chan, Karakter Representasi Bumi yang Jadi Perbincangan Warganet

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 18 Dec 2017 14:43 WIB
internet
Earth-Chan, Karakter Representasi Bumi yang Jadi Perbincangan Warganet
Sosok Earth-chan yang gemar melakukan daur ulang (Reddit)

Jakarta: Warganet memang sangat pandai dalam menghadirkan karakter yang merupakan representasi sesuatu.

Sebelumnya, Warganet sempat dihebohkan dengan sosok ISIS-chan yang memang sengaja diciptakan untuk menghadang pencarian seputar ISIS di internet.

Warganet Indonesia juga pernah dihebohkan dengan Ipo-chan yang merupakan representasi sistem sensor Internet Sehat dari Kominfo. Kali ini muncul sosok baru yang mulai menjadi pembicaraan warganet, yaitu Earth-chan.

Sesuai dengan namanya, Earth-chan merupakan karakter yang merepresentasikan planet Bumi. Mirip dengan ISIS-chan, Earth-chan juga hadir sebagai karakter untuk sebuah gerakan. Jika ISIS-chan diciptakan agar pencarian mengenai ISIS menjadi tergantikan oleh sosok karakter imut, Earth-chan diciptakan untuk mengkampanyekan gerakan peduli terhadap planet Bumi.



Sama seperti karakter personifikasi lainnya, Earth-chan digambarkan sebagai seorang gadis remaja. Tubuhnya kecil dan ia memiliki rambut dengan warna kombinasi biru-hijau yang merepresentasikan laut serta daratan di Bumi.

Menariknya, Earth-chan digambarkan sebagai gadis yang mudah sakit. Di beberapa gambar yang kami temukan, ia terlihat mengenakan masker bahkan infus.

Earth-chan pertama kali hadir setelas seorang pengguna Twitter bernama Trinimmortal menyarankan kepada warganet agar membuat karakter Earth-chan dengan gaya anime. Hal tersebut langsung disambut oleh pengguna Twitter bernama Desempregado-sama. Melalui komik pendek, ia merupakan orang pertama yang membuat karakter Earth-chan.
 
Eath-chan awalnya diciptakan untuk mengejek para penganut teori Bumi datar. Karakter Earth-chan digambarkan tampil seperti karakter anime yang selalu marah ketika disinggung soal ukuran dadanya yang tidak datar. Namun, kemudian tujuan kampanyenya mulai melebar dan kini Earth-chan digambarkan juga sebagai gadis yang senang melakukan daur ulang.

Pada akhirnya, kini Earth-chan lebih dekat relasinya dengan gerakan menyelamatkan Bumi ketimbang mengejek kelompok Bumi datar. Banyak warganet yang juga mulai menggambarkan poster imbauan masyarakat seperti daur ulang dengan karakter Earth-chan.



Meski awalnya diciptakan hanya untuk meramaikan internet, keberadaan Earth-chan bisa jadi bakal menggugah masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Hal tersebut dikarenakan sosok Earth-chan digambarkan lebih manusiawi ketimbang poster cinta lingkungan yang sering kita lihat sehari-hari.


 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.