Telkomsel Sediakan Layanan Awan CloudMAX

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 20 Feb 2018 12:24 WIB
telkomselcloud computingtelekomunikasi
Telkomsel Sediakan Layanan Awan CloudMAX
Aplikasi CloudMAX sudah bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Jakarta: Telkomsel baru saja meluncurkan layanan penyimpanan cloud bernama CloudMAX.

Sama seperti layanan cloud lain seperti Google Drive atau OneDrive, layanan baru dari Telkomsel ini memungkinkan pengguna menyimpan data, baik berupa foto, video atau dokumen lain, ke dalam layanan tersebut dan mengaksesnya melalui aplikasi mobile

“Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak pelanggan Telkomsel yang menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Crispin Tristram.

"Tercatat pertumbuhan pengguna layanan cloud yang terhubung dengan layanan Telkomsel tumbuh sekitar 35 persen pada tahun 2017.”

CloudMAX dilengkapi dengan fitur backup dan memulihkan data kembali. Selain itu, Telkomsel melengkapi layanan cloud miliknya dengan fitur-fitur lain seperti fitur Offline Mode. Seperti terlihat dari namanya, pengguna bisa mengakses dokumen bahkan ketika dia tidak sedang terhubung ke internet. 

Beberapa fitur lain yang ada antara lain Documen Sharing, yang memungkinkan pengguna berbagi tautan terkait sebuah dokumen dan Facial Recognition yang berfungsi untuk mencari dan melihat foto berdasarkan wajah dari foto di CloudMAX. 

CloudMAX bisa digunakan oleh pengguna KartuHalo, SimPATI, Kartu As dan LOOP. Aplikasi ini sudah bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Untuk pengguna pertama, Telkomsel menawarkan percobaan gratis selama 3 bulan dengan kapasitas 50GB.

Setelah itu, pengguna harus membayar Rp16.500 per bulan untuk mendapatkan penyimpanan dengan kapasitas 50GB atau Rp22 ribu untuk mendapatkan kapasitas 100GB. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.