1 Miliar Orang Diprediksi Gunakan 5G pada 2023

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 29 Nov 2017 14:46 WIB
internettelekomunikasi
1 Miliar Orang Diprediksi Gunakan 5G pada 2023
Ericsson memperkirakan, 5G sudah akan digunakan oleh 1 miliar orang pada 2023.

Jakarta: Perusahaan pembuat perangkat telekomunikasi Ericsson memperkirakan bahwa pada 2023, akan ada setidaknya 1 miliar pengguna 5G. Dalam Mobility Report, Ericsson memperkirakan, pengguna 5G pada 2023 akan naik dua kali lipat dari pengguna pada 2022. 

Ericsson berkata, lebih dari 20 persen populasi dunia akan mendapatkan akses pada 5G pada akhir 2023. Teknologi jaringan baru ini diperkirakan akan pertama kali tersedia di kota-kota yang padat. Negara-negara yang diduga akan mengadopsi 5G sejak awal antara lain Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang dan Tiongkok. 

5G merupakan teknologi jaringan generasi ke-5. CNET menyebutkan, teknologi tersebut diperkirakan akan mengubah kehidupan digital.

Sama seperti revolusi teknologi mobile sebelum ini, 5G akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi, diperkirakan teknologi itu akan memiliki kecepatan mengunduh 100 kali lebih cepat dari jaringan seluler saat ini dan 10 kali lebih cepat dari layanan broadband paling cepat saat ini. 

Selain itu, 5G juga diperkirakan akan mempercepat perkembangan teknologi seperti Augmented Reality (AR), memungkinkan mobil otonom untuk saling mengirimkan informasi penting ke satu sama lain dan menghubungkan semua perangkat, mulai dari sensor polusi sampai alat untuk memonitor kesehatan. 

Berita tentang 5G telah beredar selama lebih dari satu tahun. Dan sekarang, hasil riset awal dan pengembangan teknologi itu baru mulai terlihat. Diduga, jaringan 5G akan tersedia pada 2019.

Kemungkinan, teknologi tersebut akan pertama kali digunakan untuk menyediakan internet ke rumah-rumah, sehingga penyedia internet tidak perlu lagi melakukan penggalian untuk menyediakan kabel fiber-opric. Meskipun begitu, pembuat prosesor mobile Qualcomm percaya, internet 5G juga akan tersedia untuk mobile pada tahun yang sama. 

Ericsson juga memperkirakan, permintaan akan mobile data akan terus meningkat. Mereka memperkirakan, pada 2023, akan ada 110 exabyte data yang melewati jaringan mobile setiap bulannya. Seratus sepuluh exabyte sama dengan menonton video HD selama 5,5 juta tahun.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /