AS Tekan Korea Utara dengan Serangan Siber

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 02 Oct 2017 11:13 WIB
amerika serikatkorea utaracyber security
AS Tekan Korea Utara dengan Serangan Siber
Korea Utara ditekan dengan serangan DoS dari AS. (Ed Jones/AFP/Getty Images)

Metrotvnews.com: Pemerintah Amerika Serikat pernah mencoba meretas Korea Utara. Biasanya, tujuan AS adalah untuk menghalangi ambisi militer negara tersebut, seperti menghalangi program misil mereka. Sekarang, AS ingin menggunakan serangan siber sebagai strategi diplomatis.

Presiden AS, Donald Trump telah memerintahkan untuk menekan Korea Utara, yang berujung pada AS melakukan serangan DoS (Denial of Service) pada badan mata-mata Korea Utara, Reconnaissance General Bureau (RGB). 

Keputusan untuk membanjiri server RGB dengan trafik akan membuat akses internet badan tersebut bermasalah, termasuk Bureau 121, grup yang bertanggung jawab untuk melakukan serangan siber yang diperintahkan oleh pemerintah Korea Utara. Meskipun hal ini tidak mengubah keputusan Kim Jong Un, langkah untuk melakukan siber ini memiliki keuntungan sendiri. 

Dikabarkan, inisiatif ini hanyalah langkah sementara dan hanya akan berlangsung selama setengah tahun. Trump menandatangani perintah itu pada bulan Maret dan perintah ini berakhir pada 30 September kemarin. Serangan ini juga tidak bersifat destruktif. Menurut narasumber Washington Post, serangan ini hanya membuat para hacker Korea Utara protes karena menyulitkan mereka untuk melakukan tugas mereka selama periode itu.

Pada saat yang sama, langkah ini memunculkan pertanyaan akan efektivitas penggunaan serangan siber untuk menekan sebuah negara.

Memang, melakukan serangan siber dapat membuktikan bahwa AS bisa melumpuhkan kemampuan sebuah negara untuk melakukan serangan siber, tapi dikhawatirkan, hal ini justru akan membuat situasi menjadi semakin panas.

Mengingat Korea Utara adalah negara yang menganggap kicauan Trump sebagai deklarasi perang, bisa jadi mereka menganggap serangan DoS ini sebagai tindakan serangan yang harus dibalas. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /