ASUS K401L, Laptop untuk Gamer Kasual

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 03 Oct 2016 22:38 WIB
review laptop
ASUS K401L, Laptop untuk Gamer Kasual
ASUS K401L. (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: ASUS dikenal sebagai perusahaan pembuat laptop yang menawarkan banyak pilihan laptop, mulai dari laptop kelas pemula dengan harga terjangkau hingga laptop khusus gaming dengan harga belasan hingga puluhan juta.

Dengan laptop K401L, tampaknya ASUS berusaha untuk menawarkan laptop untuk kegiatan sehari-hari yang juga cukup kuat untuk digunakan untuk bermain game.


Desain 

ASUS K401L memiliki desain minimalis. Dengan tebal 2,1cm, K401L memang cukup tipis, sehingga ia cukup mudah untuk diselipkan ke dalam tas. Sementara dengan berat 1,65 kg, ia terbilang cukup ringan. Meskipun minimalis, desain K401L cukup sedap dipandang. Laptop dari ASUS ini menggunakan bahan aluminium dan plastik untuk bodinya. 



K401L memiliki bagian belakang layar berwarna hitam dengan logo ASUS di bagian tengah. Bingkai laptop dari ASUS ini juga berwarna hitam. Lain halnya dengan laptop terbaru ASUS, ZenBook 3, yang memiliki bingkai layar yang tipis, bingkai layar K401L cukup tebal. Namun, mengingat keduanya memang berada di kelas yang berbeda, hal ini bukanlah hal yang aneh.

Kontras dengan bagian layar yang didominasi warna hitam, bagian dalam laptop justru didominasi warna perak dengan keyboard berwarna hitam. Touchpad dari K401L cukup besar, memudahkan Anda menggunakan fitur multi-touch.



K401L memiliki port yang cukup lengkap. Di sebelah kiri, Anda akan menemukan port charger, port LAN, port HDMI, dan 2 port USB. Sementara di sebelah kanan, Anda akan menemukan 2 port USB, port audio, card reader dan Kensington Lock, yang merupakan kunci fisik untuk laptop.

Performa

Dengan prosesor Intel Core i5-5200U dan RAM 4GB, ASUS K401L memberikan performa yang baik saat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Saat digunakan melakukan multitasking pun saya tidak menemukan masalah. Dengan layar 14 inci beresolusi Full HD, ia cukup nyaman untuk digunakan untuk menonton video. Layar laptop ini cukup besar dan gambar yang dihasilkan cukup tajam.

ASUS K401L juga cocok untuk Anda yang mengaku sebagai gamer kasual. ASUS menanamkan NVIDIA GeForce 940M pada K401L. Karena itu, meski laptop ini ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, tapi ia juga sudah cukup kuat untuk digunakan bermain game kasual seperti DOTA 2. Saat bermain game ini, framerate rata-ratanya mencapai 59 fps.

Sayangnya, saat saya menggunakannya untuk memainkan game yang sedikit lebih berat seperti Cities: Skyline, dengan setting medium, rata-rata framerate yang didapat adalah 21 fps. Jika Anda ingin bermain game yang lebih berat dengan lancar, Anda bisa mengganti HDD dari laptop ini dengan SSD dan menambahkan RAM yang ada.

Namun, jika Anda hanya menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, tidak ada masalah dengan K401L. Satu kekurangan dari laptop ini adalah karena saat digunakan HDD mengeluarkan bunyi yang agak berisik. 

Dan inilah skor dari benchmark dengan 3D Mark.





Sayangnya, seperti yang dapat Anda lihat pada skor PCMark di bawah, baterai ASUS K401L hanya dapat bertahan selama 3 jam 54 menit.

 

Fitur

Satu hal lain yang menjadi kekurangan dari K401L adalah karena ia tidak kaya fitur software. ASUS tidak menambahkan sistem operasi pada K401L. Namun, perusahaan asal Taiwan menanamkan fitur pada hardware. Salah satunya ASUS Splendid Eye Care yang berfungsi untuk mengurangi tingkat blue light yang dipancarkan oleh layar.



Fitur lainnya yang ada pada K401L adalah Intuitive Smart Gesture Input. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan gerakan multi-touch pada touchpad. Misalnya melakukan swipe ke atas atau ke bawah untuk melakukan scrolling halaman dan gerakan mencubit (pinch) dengan dua jari yang berfungsi untuk melakukan zoom in dan zoomout.

Kesimpulan

K401L cukup memberikan performa yang memuaskan untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari. Ia dapat melakukan multitasking tanpa ada masalah. Ia juga dapat digunakan untuk memainkan game kasual dengan lancar.

Dengan layar 14 inci, K401L memiliki bodi yang cukup ringan, di bawah 2 kg. Ia juga cukup tipis sehingga memudahkan untuk dimasukkan ke dalam tas. Satu hal yang saya rasa cukup mengganggu adalah karena ia mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu. 
 
  ASUS K401L
Ukuran Layar  14 inci Full HD (1920 x 1080 pixel)
Prosesor Intel Core-i5 5200U
GPU NVIDIA GeForce 940M
RAM 4GB 
Penyimpanan  HDD 1TB
Dimensi 343 x 241 x 20.9 mm
Bobot 1,65Kg (tanpa charger)
Baterai 3 cells
Harga Rp7.700.000
 

ASUS K401L

 

7,6

  • Performa memuaskan
  • Sudah dapat digunakan untuk bermain game kasual
  • Bunyi cukup berisik
  • Tidak memiliki banyak fitur



(MMI)