Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Salah Satu Tercepat di Dunia

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 04 Oct 2016 12:24 WIB
e-commerce
Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Salah Satu Tercepat di Dunia
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia sangat pesat

Metrotvnews.com: Perkembangan e-commerce di Indonesia diperkirakan mencapai angka USD150 miliar di tahun 2025.

Hal tersebut membuat Indonesia tampil sebagai pasar e-commerce dengan pertumbuhan paling tinggi di dunia. Menurut Bloomberg, 53 persen masyarakat Indonesia akan terlibat di aktivitas e-commerce pada tahun 2020.

"Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal e-commerce. Salah satu penyebabnya adalah budaya konsumsi masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi," ujar Adrian Li, Managing Partner dari Convergence Ventures, yang merupakan salah satu penyokong startup di Indonesia.

"Dari beberapa estimasi, perkembangan e-commerce Indonesia bahkan melebihi Tinongkok."

Salah satu faktor yang mendukung pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang konsumtif.

Masyarakat dengan pendapatan lebih dari USD10 per harinya tersebut diperkirakan akan bertambah sebanyak 5 juta orang per tahun. Di tahun 2020 jumlah masyarakat tersebut diperkirakan akan mencapai angka 86 juta.



Masyarakat kelas menengah tersebut kebanyakan juga memiliki akses terhadap internet, membuat e-commerce semakin mudah dijangkau. Penjualan melalui e-commerce bahkan diprediksi akan melonjak ke angka 7 hingga 8 persen dari seluruh penjualan ritel di Indonesia pada tahun 2020. Padahal, saat ini jumlah penjualan melalui e-commerce hanya menguasai 1 persen pasar ritel.

Dari sisi pemerintah, Presiden Joko Widodo juga sedang mengupayakan agar pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin kuat. Salah satu langkah yang ditempuh baru-baru ini adalah menggandeng Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba, untuk menjadi penasihat khusus untuk e-commerce Indonesia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengupayakan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Melalui pembangunan infrastruktur, sistem pengiriman barang dan pergudangan di Indonesia diharapkan akan semakin baik sehingga dapat membantu perkembangan e-commerce.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.