Survei: Internet Lebih Penting dari Teman Ngobrol

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 06 Oct 2016 15:18 WIB
opera software
Survei: Internet Lebih Penting dari Teman Ngobrol
Ilustrasi komuter yang menunggu. (ANTARA FOTO / Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil studi statistik terbaru menunjukkan bahwa komuter di kawasan Jabodetabek menghabiskan waktu sekitar 3,63 jam per hari untuk menunggu karena kemacetan lalu lintas.

Tertarik untuk mengetahui kebiasaan online komuter, Opera lalu mengadakan sebuah survei di 9 kota besar di Indonesia.

Dari survei itu, 78 persen responden mengaku bahwa menunggu menjadi tidak terlalu menyebalkan saat mereka memiliki koneksi internet. Angka ini jauh lebih tinggi dari jumlah responden yang memilih untuk mengobrol dengan teman atau keluarga saat menunggu, yaitu 52,9 persen.

Sementara itu, 66 persen responden mengaku rela untuk mengorbankan sesuatu demi mendapatkan internet saat menunggu. 



Survei ini diadakan oleh Opera pada bulan Agustus lalu. Jumlah responden survei ini mencapai lebih dari 1.000 orang yang berasal dari 9 kota besar di Indonesia. Responden boleh menjawab lebih dari 1 jawaban.

Temuan lain dari survei ini adalah membuka media sosial merupakan kegiatan favorit responden saat menunggu, diikuti oleh menjelajah internet, mendengarkan musik dan bermain ponsel.



"Opera menyadari bahwa banyak sekali waktu yang terbuang oleh komuter Indonesia setiap hari. Sesungguhnya, ada banyak cara untuk membuat saat menunggu menjadi lebih menyenangkan dan produktif dengan memanfaatkan internet," kata Vice President South Asia & South East Asia Opera Software, Sunil Kamath. Karena itulah, Opera mengadakan kampanye #DaripadaNunggu.

Kampanye ini mendorong masyarakat agar memanfaatkan waktu menunggunya dengan kegiatan yang produktif seperti menonton video tutorial.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.