Survei: Internet Lebih Penting dari Teman Ngobrol

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 06 Oct 2016 15:18 WIB
opera software
Survei: Internet Lebih Penting dari Teman Ngobrol
Ilustrasi komuter yang menunggu. (ANTARA FOTO / Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil studi statistik terbaru menunjukkan bahwa komuter di kawasan Jabodetabek menghabiskan waktu sekitar 3,63 jam per hari untuk menunggu karena kemacetan lalu lintas.

Tertarik untuk mengetahui kebiasaan online komuter, Opera lalu mengadakan sebuah survei di 9 kota besar di Indonesia.

Dari survei itu, 78 persen responden mengaku bahwa menunggu menjadi tidak terlalu menyebalkan saat mereka memiliki koneksi internet. Angka ini jauh lebih tinggi dari jumlah responden yang memilih untuk mengobrol dengan teman atau keluarga saat menunggu, yaitu 52,9 persen.

Sementara itu, 66 persen responden mengaku rela untuk mengorbankan sesuatu demi mendapatkan internet saat menunggu. 



Survei ini diadakan oleh Opera pada bulan Agustus lalu. Jumlah responden survei ini mencapai lebih dari 1.000 orang yang berasal dari 9 kota besar di Indonesia. Responden boleh menjawab lebih dari 1 jawaban.

Temuan lain dari survei ini adalah membuka media sosial merupakan kegiatan favorit responden saat menunggu, diikuti oleh menjelajah internet, mendengarkan musik dan bermain ponsel.



"Opera menyadari bahwa banyak sekali waktu yang terbuang oleh komuter Indonesia setiap hari. Sesungguhnya, ada banyak cara untuk membuat saat menunggu menjadi lebih menyenangkan dan produktif dengan memanfaatkan internet," kata Vice President South Asia & South East Asia Opera Software, Sunil Kamath. Karena itulah, Opera mengadakan kampanye #DaripadaNunggu.

Kampanye ini mendorong masyarakat agar memanfaatkan waktu menunggunya dengan kegiatan yang produktif seperti menonton video tutorial.


(MMI)