Terjatuh dari Ketinggian 18 Meter, Pendaki Ditemukan via Aplikasi

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 31 Jul 2017 16:19 WIB
apple
Terjatuh dari Ketinggian 18 Meter, Pendaki Ditemukan via Aplikasi
Aplikasi Find My Friends di platform Apple berhasil menemukan pendaki yang terjatuh dari ketinggian 18,3 meter.

Metrotvnews.com: Seorang pendaki dilaporkan terjatuh dari ketinggian 60 kaki (18,3 meter) saat mencari gua ternama berhasil diselamatkan dengan bantuan aplikasi pendeteksi lokasi ponsel.

Pendaki berusia muda yang terjatuh saat mengunjungi Lake District tersebut dilaporkan tengah mencari gua di tepi bukit bernama Priest’s Hole, yang diliput oleh acara televisi BBC Secret Britain pada tahun lalu.

Naas, saat mencoba turun ke permukaan tanah setelah gagal menemukan gua, Dove Crag kehilangan pijakan akibat kabut tebal yang menghalangi pandangannya, terjatuh dari ketinggian 60 kaki dan mengalami cedera di kepala cukup serius.

Dalam kondisinya tersebut, Crag masih mampu menghubungi nomor panggilan telepon darurat 999. Namu saat Patterdale Mountain Rescue Team (MRT) menanggapinya, mereka tidak dapat mengetahui lokasi tepat keberadaan Crag.

Salah seorang petugas penyelamat memutuskan untuk memanfaatkan aplikasi Apple bernama Find My Friends, yang menggunakan GPS untuk mendeteksi lokasi perangkat mobile yang diinginkan.

Pihak penyelamat memuji kegunaan aplikasi tersebut dan menggambarkan pendaki yang dinilai kurang persiapan tersebut sebagai laki-laki yang beruntung. Peristiwa serupa juga terjadi pada bulan Oktober lalu, saat pendaki bernama Kevin Ryan jatuh dari ketinggian 500 kaki (152,4 meter), di lokasi sekitar gua tersebut, dan meninggal di lokasi kejadian.

Kejadian ini mendorong pihak penjagaan lokasi sekitar Priest’s Hole untuk mengumumkan peringatan keras bagi calon pendaki. Lokasi sekitar Priest’s Hole yang dikelilingin bagian lahan berbahaya, jelas penjaga, hanya dapat didaki oleh pendaki profesional dan kompeten.

Sejak BBC menyiarkan acara tersebut, jumlah pendaki pencari Priest’s Hole dilaporkan mengalami peningkatan. Setelah sempat enggan memberikan komentar, sumber yang dikutip Daily Mail menyebut acara tersebut telah menunjukan dengan jelas bahaya pendakian yang dilakukan demi menemukan gua ternama di Inggris tersebut.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /