Terjatuh dari Ketinggian 18 Meter, Pendaki Ditemukan via Aplikasi

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 31 Jul 2017 16:19 WIB
apple
Terjatuh dari Ketinggian 18 Meter, Pendaki Ditemukan via Aplikasi
Aplikasi Find My Friends di platform Apple berhasil menemukan pendaki yang terjatuh dari ketinggian 18,3 meter.

Metrotvnews.com: Seorang pendaki dilaporkan terjatuh dari ketinggian 60 kaki (18,3 meter) saat mencari gua ternama berhasil diselamatkan dengan bantuan aplikasi pendeteksi lokasi ponsel.

Pendaki berusia muda yang terjatuh saat mengunjungi Lake District tersebut dilaporkan tengah mencari gua di tepi bukit bernama Priest’s Hole, yang diliput oleh acara televisi BBC Secret Britain pada tahun lalu.

Naas, saat mencoba turun ke permukaan tanah setelah gagal menemukan gua, Dove Crag kehilangan pijakan akibat kabut tebal yang menghalangi pandangannya, terjatuh dari ketinggian 60 kaki dan mengalami cedera di kepala cukup serius.

Dalam kondisinya tersebut, Crag masih mampu menghubungi nomor panggilan telepon darurat 999. Namu saat Patterdale Mountain Rescue Team (MRT) menanggapinya, mereka tidak dapat mengetahui lokasi tepat keberadaan Crag.

Salah seorang petugas penyelamat memutuskan untuk memanfaatkan aplikasi Apple bernama Find My Friends, yang menggunakan GPS untuk mendeteksi lokasi perangkat mobile yang diinginkan.

Pihak penyelamat memuji kegunaan aplikasi tersebut dan menggambarkan pendaki yang dinilai kurang persiapan tersebut sebagai laki-laki yang beruntung. Peristiwa serupa juga terjadi pada bulan Oktober lalu, saat pendaki bernama Kevin Ryan jatuh dari ketinggian 500 kaki (152,4 meter), di lokasi sekitar gua tersebut, dan meninggal di lokasi kejadian.

Kejadian ini mendorong pihak penjagaan lokasi sekitar Priest’s Hole untuk mengumumkan peringatan keras bagi calon pendaki. Lokasi sekitar Priest’s Hole yang dikelilingin bagian lahan berbahaya, jelas penjaga, hanya dapat didaki oleh pendaki profesional dan kompeten.

Sejak BBC menyiarkan acara tersebut, jumlah pendaki pencari Priest’s Hole dilaporkan mengalami peningkatan. Setelah sempat enggan memberikan komentar, sumber yang dikutip Daily Mail menyebut acara tersebut telah menunjukan dengan jelas bahaya pendakian yang dilakukan demi menemukan gua ternama di Inggris tersebut.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.