Percepat Mobilisasi Penumpang, Grab Siapkan GrabNow

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 17 Jun 2017 11:36 WIB
grab
Percepat Mobilisasi Penumpang, Grab Siapkan GrabNow
Grab tengah mempersiapkan layanan baru termasuk GrabNow.

Metrotvnews.com, Jakarta: Grab mengumumkan tengah mempersiapkan layanan baru untuk pengguna aplikasi pemesanan kendaraannya. Salah satu layanan baru yang tengah dipersiapkannya tersebut adalah GrabNow.

“Saat ini GrabNow masih dalam versi beta dan sedang dalam proses pengujian. Proses pengujian ini dimulai sejak awal Juni lalu, tapi kami belum bisa pastikan kapan layanan ini diluncurkan,” ujar Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

GrabNow merupakan layanan yang memungkinkan pengguna aplikasi Grab untuk memesan layanan antar dari pengemudi yang berada di dekat mereka. Layanan tersebut dapat dimanfaatkan dengan menghubungkan perangkat pengemudi dan pengguna. Proses pairing layanan ini disebut akan memanfaatkan teknologi Google Nearby.

Proses pengujian tersebut dilakukan Grab kepada sejumlah pengguna dan mitra pengemudi terpilih. Sejak awal pengujian hingga saat ini, Grab menyebut umpan balik yang diberikan pengguna dan pengemudi terpilih tersebut baik, serta mengindikasikan adanya minat konsumen terhadap layanan tersebut.

Grab menyebut berencana untuk melakukan proses pengujian pada layanan GrabNow hingga Idul Fitri mendatang. Namun masih belum mendapat kepastian terkait waktu peluncuran layanan ini, karena masih harus menjalani proses evaluasi setelah tahap pengujian berakhir.

Selain itu, proses pengujian tersebut dilaksanakan di Jakarta, dan ibukota Indonesia ini disebut Grab sebagai kota pertama yang akan dirambah oleh layanan ini. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan bahwa Jakarta dinilai lebih membutuhkan layanan ini akibat kemacetan yang kian meresahkan warganya.

Sementara itu, Grab juga menyebut tengah dalam proses penjajakan dengan sejumlah pemilik Helicopter untuk layanan GrabHeli miliknya. Ke depannya, Grab juga berencana untuk menghadirkan ketetapan tarif yang harus dibayarkan pengguna, pada layanan GrabHeli tersebut.

Ridzki juga menyebut tidak menutup kemungkinan jika di masa mendatang akan menjadikan GrabHeli sebagai layanan logistik pengiriman barang melalui udara. Namun keputusan tersebut akan dipertimbangkan Grab berdasarkan kebutuhan pasar akan layanan ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.