Galaxy Note 8

Bixby Akhirnya Muncul di Samsung Galaxy Note 8

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 24 Aug 2017 08:26 WIB
gadgetsamsunggalaxy note 8
Bixby Akhirnya Muncul di Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8 juga didukung oleh asisten digital Bixby.

Metrotvnews.com: Samsung resmi meluncurkan phablet unggulan terbarunya, yaitu Galaxy Note 8. Hadir pada kategori phablet, Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan dukungan sejumlah fitur termasuk stylus S-Pen serta layar besar.

Selain itu, Samsung juga membekali Galaxy Note 8 dengan dukungan asisten digital karyanya, yaitu Bixby. Pada phablet ini, Bixby dapat diaktifkan via perintah suara dengan kata sandi "Hi, Bixby" serta dengan menekan tombol khusus untuk teknologi pesaing Apple Siri, Amazon Alexa, Google Assistant dan Microsoft Cortana tersebut.

Pengendalian yang terjadi pada ponsel cerdas diklaim memungkinkan Bixby menawarkan pengalaman penggunaan dengan tingkat keamanan yang baik. Kehadiran Bixby tersebut melengkapi teknologi canggih yang hadir pada Galaxy Note 8, bersama teknologi pengenal wajah dan sidik jari, serta pemindai iris mata.

Sebelumnya, Samsung telah merilis Bixby secara global satu hari sebelum peluncuran Galaxy Note 8. Asisten virtual buatan Samsung itu telah dapat diguunakan oleh masyarakat di lebih dari 200 negara, termasuk Inggris, Australia, Kanada dan Afrika Selatan.

Samsung menyebut Bixby memiliki kemampuan untuk mempelajari kebiasaan pengguna dan dapat mengenali "bahasa manusia", sehingga interaksi pengguna dengan ponselnya menjadi lebih mudah dan intuitif. Selain itu, Bixby bisa memahami perintah antar-aplikasi karena ia terintegrasi pada ponsel.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga ingin menyediakan Bixby pada lebih banyak perangkat lainnya. Selain itu, Samsung juga telah melakukan uji coba penggunaan Bixby di berbagai perangkat cerdas, mengindikasikan rencana Samsung untuk menghadirkan perangkat smart home dengan dukungan asisten digital tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.