NFC di iOS 11 Fungsinya Tidak Cuma untuk Apple Pay

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 17 Jul 2017 13:01 WIB
apple
NFC di iOS 11 Fungsinya Tidak Cuma untuk Apple Pay
iOS 11 akan memungkinkan pengembang memanfaatkan NFC di iPhone untuk fungsi lain selain Apple Pay.

Metrotvnews.com: Saat ini, Apple memanfaatkan fitur Near Field Communication (NFC) pada smartphone karyanya sebagai alat bantu sistem pembayaran mobile Apple Pay. Fitur NFC ini memungkinkan dua perangkat berkomunikasi dari jarak dekat.

Apple pertama kali menghadirkan fitur tersebut pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, dan membatasi penggunaannya untuk layanan pembayaran via perangkat mobile, Apple Pay. Namun, informasi terbaru yang beredar menyebut hal tersebut akan berubah saat iOS 11 diluncurkan.

Phone Arena melaporkan iOS 11 hadir dengan Core NFC, memungkinkan pengembang mengakses NFC pada iPhone, sehingga fitru ini dapat digunakan pada aplikasi karya mereka. Dengan sistem operasi terbaru mobile Apple, tag NFC dapat dibaca pada model iPhone tertentu.

Kemampuan membaca tag NFC memungkinkan perangkat kompatibel untuk mengakses aplikasi tertentu, dan mengubah pengaturan spesifik terkait kontak yang dilengkapi dengan tag.

Selain itu, konsumen juga dapat berdiri di sebelah rak toko dan mempelajari lebih banyak informasi dari produk yang ditawarkan oleh toko yang konsumen kunjungi. NFC juga dapat membantu produsen melacak produk dari pabrik perakitan hingga didistribusikan ke toko.

Core NFC akan tersedia pada Apple iPhone 7, Apple iPhone 7 Plus dan model terbaru. Pengembang yang tertarik untuk mempelajari Core NFC dapat membaca dokumen yang dirilis Apple pada situs resminya.


(MMI)