NFC di iOS 11 Fungsinya Tidak Cuma untuk Apple Pay

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 17 Jul 2017 13:01 WIB
apple
NFC di iOS 11 Fungsinya Tidak Cuma untuk Apple Pay
iOS 11 akan memungkinkan pengembang memanfaatkan NFC di iPhone untuk fungsi lain selain Apple Pay.

Metrotvnews.com: Saat ini, Apple memanfaatkan fitur Near Field Communication (NFC) pada smartphone karyanya sebagai alat bantu sistem pembayaran mobile Apple Pay. Fitur NFC ini memungkinkan dua perangkat berkomunikasi dari jarak dekat.

Apple pertama kali menghadirkan fitur tersebut pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, dan membatasi penggunaannya untuk layanan pembayaran via perangkat mobile, Apple Pay. Namun, informasi terbaru yang beredar menyebut hal tersebut akan berubah saat iOS 11 diluncurkan.

Phone Arena melaporkan iOS 11 hadir dengan Core NFC, memungkinkan pengembang mengakses NFC pada iPhone, sehingga fitru ini dapat digunakan pada aplikasi karya mereka. Dengan sistem operasi terbaru mobile Apple, tag NFC dapat dibaca pada model iPhone tertentu.

Kemampuan membaca tag NFC memungkinkan perangkat kompatibel untuk mengakses aplikasi tertentu, dan mengubah pengaturan spesifik terkait kontak yang dilengkapi dengan tag.

Selain itu, konsumen juga dapat berdiri di sebelah rak toko dan mempelajari lebih banyak informasi dari produk yang ditawarkan oleh toko yang konsumen kunjungi. NFC juga dapat membantu produsen melacak produk dari pabrik perakitan hingga didistribusikan ke toko.

Core NFC akan tersedia pada Apple iPhone 7, Apple iPhone 7 Plus dan model terbaru. Pengembang yang tertarik untuk mempelajari Core NFC dapat membaca dokumen yang dirilis Apple pada situs resminya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.