Facebook Memang Kumpulkan Data via Portal

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 17 Oct 2018 10:28 WIB
media sosialfacebook
Facebook Memang Kumpulkan Data via Portal
Facebook Portal bisa digunakan untuk melakukan video call.

Jakarta: Facebook meluncurkan Portal dua minggu lalu. Portal adalah perangkat untuk melakukan video call dan bisa menerima perintah suara layaknya perangkat buatan pesaing seperti Amazon, Google, dan Apple. 

Ketika itu, kekhawatiran terbesar adalah apakah konsumen akan bisa memercayai perangkat yang dibuat Facebook sementara satu tahun belakangan, Facebook diterpa banyak skandal terkait privasi data dan keamanan data. 

Pada peluncuran Portal, eksekutif Facebook meyakinkan bahwa Facebook tidak akan menggunakan data yang dikumpulkan Portal, bahkan data seperti penggunaan aplikasi atau panggilan telepon -- yang dilakukan menggunakan Facebook Messenger -- untuk menyesuaikan iklan yang ditampilkan. 

Sekarang, Recode melaporkan bahwa Facebook telah mengubah jawabannya terkait Portal. Memang, Portal tidak memiliki iklan. Namun, data tentang siapa yang Anda telepon atau aplikasi apa yang sedang Anda gunakan pada Portal akan digunakan untuk iklan tertarget pada platfrom milik Facebook, seperti Facebook dan Instagram. 

"Panggilan pada Portal menggunakan infrastruktur Messenger, Jadi ketika Anda melakukan panggilan video, kami mengumpulkan data yang sama -- seperti lama panggilan, frekuensi panggilan -- yang kami kumpulkan pada perangkat lain yang menggunakan Messenger. Kami mungkin akan menggunakan informasi ini untuk menampilkan iklan di berbagai platform kami," kata juru bicara Facebook. 

Ini tidak aneh, mengingat model bisnis Facebook memang menggantungkan diri pada iklan. Keuntungan terbesar yang didapatkan oleh Facebook ketika Anda menggunakan perangkat buatannya di rumah adalah mereka akan mendapatkan cara baru untuk mengumpulkan data Anda. Namun, ini tidak dijelaskan oleh eksekutif Facebook saat Portal diluncurkan. 

Rafa Camargo, Product VP yang bertanggung jawab atas Portal mengatakan bahwa data yang dikumpulkan Portal bisa digunakan untuk iklan tertarget, tapi dia tidak tahu apakah Facebook akan menggunakan data itu.

Dia menambahkan, tim Portal tidak berencana untuk menggunakan data itu untuk kepentingan iklan, mengingat Portal memang tidak menampilkan iklan. Namun, data dari Portal bisa digunakan untuk iklan tertarget pada aplikasi lain buatan Facebook. 

Kebingungan inilah yang membuat orang khawatir untuk menggunakan perangkat buatan Facebook di rumah mereka. Facebook kesulitan untuk menjelaskan data apa saja yang mereka kumpulkan dan bagaimana mereka akan menggunakannya. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.