Punya 1.000 Kios, Warung Pintar Siap Ekspansi ke Luar Jabodetabek

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 08 Nov 2018 08:32 WIB
startup
Punya 1.000 Kios, Warung Pintar Siap Ekspansi ke Luar Jabodetabek
Pengumuman pencapaian Warung Pintar di Jakarta.

Jakarta: Warung Pintar, platform yang membuka kesempatan pengusaha ritel kecil untuk modernisasi bisnis dengan pendekatan teknologi dan analisis data, mengumumkan pencapaian 1.000 kios di area Jabodetabek.

Dioperasikan oleh lebih dari 2.000 pengusaha mikro, Warung Pintar menyatakan siap menyediakan kesempatan berbisnis untuk masyarakat di luar area Jabodetabek pada akhir tahun ini.

Dalam kurun waktu 10 bulan, per September 2018, Warung Pintar mengklaim telah mendorong kemandirian dan kewirausahaan bagi 57 persen mitra yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap.

Satu kios Warung Pintar diklaim berdampak secara sosial dan ekonomi untuk lima orang yang terdiri dari satu orang mitra, dua orang keluarganya, dan satu penjaga warung, serta satu orang dari keluarga penjaga warung. 

Warung sebagai usaha mikro-retail yang melekat pada budaya Indonesia, dinilai telah menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Hal ini ditandai dengan satu Warung Pintar setidaknya telah memiliki satu komunitas aktif dengan jumlah anggota paling sedikit 12 orang, mulai dari ibu rumah tangga, anak sekolah, hingga komunitas ojek, dengan setidaknya terjadi 1.000 transaksi aktif setiap bulannya.

CEO Warung Pintar Agung Bezharie mengungkapkan bahwa pertumbuhan perusahaan sejalan dengan pertumbuhan bisnis mitra Warung Pintar, sehingga hal ini selalu menjadi fokus utama.

“Pada kuartal dua, kami terus meningkatkan layanan bagi mitra dan pelanggan. Hasilnya terlihat dengan adanya peningkatan signifikan pada pendapatan mitra yang mengalami kenaikan sebesar 37 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.”

Dalam waktu dekat, Warung Pintar akan meluncurkan berbagai produk baru yang akan membantu proses bisnis warung dalam hal meningkatkan penghasilan mitra warung, dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Saat ini Warung Pintar memberikan tempat singgah yang nyaman dengan fasilitas Wi-Fi gratis, charging station, LCD TV serta tersedianya pembayaran non tunai yang saat ini telah berjalan bersama OVO dan Go-Pay. 

“Tentunya hal ini dapat terus diwujudkan dengan berkolaborasi bersama para startup dan institusi lainnya. Sejauh ini telah ada 34 principal yang sudah bergabung untuk menyediakan produk kepada mitra warung dan lebih dari 370 jenis produk tersedia di Warung Pintar,” tutup Agung. 
 
Sebagai perayaan satu tahun berdirinya Warung Pintar, pada 11 November 2018, Warung Pintar akan mengadakan acara Pesta Rakyat Pintar di Theater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah.

Pesta Rakyat Pintar merupakan perayaan hasil dari usaha Warung Pintar dalam membangun sebuah ekosistem yang saling mendukung pertumbuhan ekonomi menengah kebawah.

Acara ini menargetkan 3.000 pengunjung yang terdiri dari mitra warung dan calon mitra beserta keluarganya. Acara ini juga akan mempertemukan para mitra warung, karyawan, strategic partners, merek, dan pemerintah untuk membentuk kerja sama lebih lanjut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.