Google Rilis Versi Ringan Gmail di Play Store

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 15 Feb 2018 08:10 WIB
google
Google Rilis Versi Ringan Gmail di Play Store
Google meluncurkan versi ringan dari aplikasi emailnya, Gmail Go, di Play Store.

Jakarta: Google resmi meluncurkan produk terbaru pada lini Go, versi ringan dari aplikasinya, yaitu Gmail, di toko aplikasi Play Store. Hingga saat ini, Google telah merilis YouTube, Assistant dan Gboard untuk smartphone Android dengan RAM kurang dari 1GB.

Menurut Google, aplikasi email yang dijuluki dengan sebutan "the Gmail you love" ini menjadi lebih ringan dan cepat. Ditujukan untuk berfungsi secara lebih cepat dan mengonsumsi sumber daya lebih kecil. Gmail Go mungkin tidak akan berbekal sejumlah fitur serupa versi lengkapnya.

Pada versi Gmail Go, pengguna akan memperoleh dukungan untuk berbagai akun, ruang penyimpanan 15GB, fitur anti-spam dan kotak masuk lebih cerdas. Kehadiran semua fitur ini pada Gmail Go telah dikonfirmasikan oleh Google.

Namun, Gmail Go belum tersedia untuk dapat diunduh di seluruh negara. Bahkan, aplikasi ini dilaporkan tidak kompatibel dengan seluruh perangkat Android, meski daftar perangkat kompatibel tersebut akan bertambah dalam beberapa minggu mendatang.

Sebelumnya, Google mengumumkan ekstensi baru untuk proyek AMP, dan pengguna aktif media sosial akan menilai pendekatan ini tergolong akrab. Ekstensi AMP baru tersebut bernama Stories, terkait pengalaman visual berita yang ditampilkan pada hasil pencarian Google.

Sementara itu, CEO YouTube Susan Wojnicki mengungkapkan keputusannya, bahwa bintang YouTube kontroversial Logal Paul belum harus dikeluarkan dari platform, setidaknya untuk saat ini. Sebab Paul dinilai belum menghabiskan tiga kesempatan besar yang menjadi tolok ukur kebijakan YouTube.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.