JAKmikro Targetkan 1.200 Kios Pakai T-CASH dalam 2 Bulan

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 19 Dec 2017 16:40 WIB
telkomseltelekomunikasi
JAKmikro Targetkan 1.200 Kios Pakai T-CASH dalam 2 Bulan
Contoh warung yang menggunakan T-Cash. (MTVN)

Jakarta: Berkolaborasi dengan Telkomsel, JAKmikro berupaya membantu UMKM turut memanfaatkan teknologi dalam aktivitas perdagangan. Namun JAKmikro mengaku akan menjalankan program tersebut secara bertahap.

"Kerja sama kami dengan Telkomsel T-CASH ini pemetaan UMKM secara signifikan di Indonesia. Dengan digitalisasi ini, akan menjadikan pasar lebih terekspos," ujar Direktur Mikrobisnis Digital Sejahtera (JAKmikro) Debbie Sianturi.

Melalui program Pasar Rakyat dan UMKM Go Digital, JAKmikro menargetkan untuk membantu 100 pasar dan 1 juta UMKM di wilayah Jakarta hingga 2019. Setelah Jakarta, JAKmikro mengaku akan melanjutkan ke wilayah lain di Indonesia secara bertahap.

Sementara itu, Pasar Mayestik dipilih menjadi pasar yang dinaungi PD Pasar Jaya, sebagai pasar pertama until menerapkan program tersebut. Hal ini karena Pasar Mayestik dinilai sebagai salah satu pasar dengan aktivitas perdagangan ramai dan stabil, dan sambutan pedagang yang baik.

Sejak dua minggu diterapkan, JAKmikro berhasil menggandeng 50 kios dari sekitar 1200 pedagang di Pasar Mayestik. JAKmikro menargetkan untuk menggandeng 1200 kios tersebut dalam kurun waktu dua bulan mendatang.

Tidak hanya melalui alat pembayaran, JAKmikro turut menargetkan untuk bekerja sama dengan instansi perbankan di Indonesia, guna membantu pedagang memperoleh rekening bank untuk kemudahan proses penguangan transaksi dengan T-CASH.

Sebab, pembayaran yang dilakukan via T-CASH akan dikirimkan ke rekening bank pedagang dalam waktu 24 jam setelah transaksi dilakukan. Hingga saat diakui JAKmikro mengaku pedagang yang belum memiliki akun bank menjadi tantangan utama dalam menyosialisasikan program tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.