Mekar.id, Startup yang Ingin Bantu Galang Dana untuk Pengusaha

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 20 Nov 2017 15:16 WIB
startupfintech
Mekar.id, Startup yang Ingin Bantu Galang Dana untuk Pengusaha
Mekar.id mengumumkan fitur baru pada situs perusahaan finansial berbasis teknologinya, yaitu crowdfunding.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mekar.id meluncurkan fitur baru pada perusahaan finansial berbasis teknologi miliknya, yaitu crowdfunding. Kehadiran fitur ini diklaim untuk membantu 7 juta wirausaha dan 114 juta orang di 58 juta unit UKM di Indonesia.

“Indonesia memiliki banyak entrepreneur hebat. Mereka menjalankan bisnis-bisnis yang inovatif dan memiliki dampak sosial. Kami ingin membantu mereka tampil di hadapan publik,” kata Chief Executive Officer Mekar.id Thierry Sanders.

Solusi crowdfunding yang ditawarkan Mekar.id diklaim Sanders memiliki tingkat risiko lebih rendah jika dibandingkan dengan platform lain. Sebab, semua bisnis dengan kondisi apapun akan dimungkinkan untuk melakukan penggalangan dana.

Penggalangan dana yang ditawarkan Mekar.id hadir dalam dua jenis model, yaitu Bagi Hasil dan Pre-order. Pada model Bagi Hasil, investor yang menginvestasikan uangnya untuk kampanye bisnis akan memperoleh dana hasil secara periodik berdasarkan persentase dari penjualan yang tercatat oleh bisnis.

Tidak hanya usaha lebih besar, fitur tersebut diklaim dapat dimanfaatkan oleh usaha kecil untuk mencari pembeli produk. Investor dapat melakukan pemesanan awal (pre-order) melalui situs Mekar.id dengan penawaran harga sedikit lebih terjangkau jika dibandingkan harga ritel.

Pemesanan awal (pre-order) tersebut akan dapat membantu usaha kecil dalam membayar biaya produksi produk dalam jumlah besar. Sebagai informasi, angka wirausahawan tahun 2016 di Indoenesia mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 225 juta jiwa.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.