Peran Penting Pemerintah untuk Pemerataan Teknologi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Oct 2017 17:33 WIB
teknologimicrosoft
Peran Penting Pemerintah untuk Pemerataan Teknologi
Ilustrasi. (Countdown.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, akses akan teknologi dan internet di Indonesia masih belum merata. Penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta mungkin sudah bisa menikmati internet cepat dan berbagai teknologi terbaru lainnya, tapi lain dengan orang-orang yang tinggal di pedesaan atau tempat terpencil. 

Menyadari itu, Microsoft berusaha untuk membantu memeratakan akses teknologi dan internet untuk masyarakat Indonesia. Namun, pemerintah juga memiliki peran penting untuk memastikan teknologi dapat diakses oleh semua orang di Indonesia. 

"Pertama, sebagai pembuat peraturan, pemerintah harus membuat peraturan yang mendorong agar teknologi bisa diakses oleh lebih banyak orang," ujar Andrew Pickup, Senior Comms Director Microsoft Asia.

"Microsoft memiliki rekam jejak hubungan yang baik dengan pemerintah. Kami juga pernah bekerja sama dengan pesaing kami seperti Apple, Google, dan Amazon."

Andrew merasa, memberikan akses teknologi dan internet ke semua orang adalah perjalanan panjang. Tujuan ini tidak bisa dicapai dalam waktu sebentar. Untuk itu, semua pihak, mulai dari pemerintah, perusahaan swasta sampai masyarakat, harus saling bekerja sama. 

Kedua, ujar Andrew, pemerintah harus bisa memberikan contoh. "Maksudnya, pemerintah sebagai pengguna teknologi. Mereka bisa menggunakan teknologi untuk membuat berbagai layanan mereka bisa diakses oleh masyarakat secara digital."

Dia memberikan contoh akan beberapa layanan pemerintah yang bisa didigitalisasi seperti cara membuat perusahaan, membayar pajak, membayar tilang atau cara mengakses layanan pemerintah. 

Hal lain yang bisa pemerintah lakukan terkait pemerataan teknologi adalah menyangkut pendidikan. Menurut Andrew, pemerintah harus bisa memberikan peraturan yang mendorong pengembangan kemampuan teknologi informatika di sekolah dan universitas. Misalnya dengan meningkatkan jumlah pelajaran terkait TI di sekolah dan universitas. 


(MMI)

Video /