Peran Penting Pemerintah untuk Pemerataan Teknologi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Oct 2017 17:33 WIB
teknologimicrosoft
Peran Penting Pemerintah untuk Pemerataan Teknologi
Ilustrasi. (Countdown.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, akses akan teknologi dan internet di Indonesia masih belum merata. Penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta mungkin sudah bisa menikmati internet cepat dan berbagai teknologi terbaru lainnya, tapi lain dengan orang-orang yang tinggal di pedesaan atau tempat terpencil. 

Menyadari itu, Microsoft berusaha untuk membantu memeratakan akses teknologi dan internet untuk masyarakat Indonesia. Namun, pemerintah juga memiliki peran penting untuk memastikan teknologi dapat diakses oleh semua orang di Indonesia. 

"Pertama, sebagai pembuat peraturan, pemerintah harus membuat peraturan yang mendorong agar teknologi bisa diakses oleh lebih banyak orang," ujar Andrew Pickup, Senior Comms Director Microsoft Asia.

"Microsoft memiliki rekam jejak hubungan yang baik dengan pemerintah. Kami juga pernah bekerja sama dengan pesaing kami seperti Apple, Google, dan Amazon."

Andrew merasa, memberikan akses teknologi dan internet ke semua orang adalah perjalanan panjang. Tujuan ini tidak bisa dicapai dalam waktu sebentar. Untuk itu, semua pihak, mulai dari pemerintah, perusahaan swasta sampai masyarakat, harus saling bekerja sama. 

Kedua, ujar Andrew, pemerintah harus bisa memberikan contoh. "Maksudnya, pemerintah sebagai pengguna teknologi. Mereka bisa menggunakan teknologi untuk membuat berbagai layanan mereka bisa diakses oleh masyarakat secara digital."

Dia memberikan contoh akan beberapa layanan pemerintah yang bisa didigitalisasi seperti cara membuat perusahaan, membayar pajak, membayar tilang atau cara mengakses layanan pemerintah. 

Hal lain yang bisa pemerintah lakukan terkait pemerataan teknologi adalah menyangkut pendidikan. Menurut Andrew, pemerintah harus bisa memberikan peraturan yang mendorong pengembangan kemampuan teknologi informatika di sekolah dan universitas. Misalnya dengan meningkatkan jumlah pelajaran terkait TI di sekolah dan universitas. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.