Menangkan Paten, Komputer Apple Nanti Bisa Dikontrol Gerakan Tangan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 29 Nov 2017 18:23 WIB
apple
Menangkan Paten, Komputer Apple Nanti Bisa Dikontrol Gerakan Tangan
Desain teknologi sensor gerakan tangan untuk mengendalikan komputer yang dilampirkan dalam paten Apple.

Jakarta: Tahun depan Apple diprediksi menghadirkan inovasi teknologi yang menghebohkan seperti iPhone X. Apple baru saja memenangkan paten teknologi sensor gerakan tangan (hand gesture) untuk komputer Mac.

Dilaporkan oleh 9to5Mac bahwa paten yang diajukan sejak 2016 tersebut kini berhasil terdaftar atas nama Apple. Teknologi sensor gerak tangan tersebut menggunakan teknologi serupa yang pernah dikembangankan kamera sensor gerak Kinect milik Microsoft.

Teknologi tersebut sejatinya berasal dari sebuah perusahaan di Israel bernama PrimeSense yang pada tahun 2013 diakuisisi oleh Apple. Meskipun tidak diumumkan kabarnya akuisisi ini memiliki nilai sebesar USD300 juta atau Rp4 triliun.

PrimeSense juga ikut tergabung dalam pengembangan pemindai wajah Face ID di iPhone X yangmenggunakan teknologi TrueDepth kamera sehingga bisa memindai wajah pengguna iPhone X dan dipergunakan pada fitur Animoji. 

Diperkirakan teknologi yang sama juga akan ditanamkan di komputer maupun komputer Mac. Sebelum iPhone X diriliskan juga sejak jauh hari sudah beredar desain paten fitur Dace ID. Jadi bisa diprediksi bahwa sensor gerakan tangan dikomputer Mac akan diperkenalkan tahun depan.

Paten ini merupakan satu dari 69 paten baru milik Apple yang baru disetujui United States Patentsand Trademark Office. Dijelaskan bahwa teknologi ini akan bisa membaca gerakan tangan penggunanya dan menyesuaikan dengan antarmuka 3D.

Tahap awal teknologi ini akan bisa membaca gerakan tangan seperti mendorong, melambaikan tangan, mengangkat tangan dan beberapa gerakan lainnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.