Menangkan Paten, Komputer Apple Nanti Bisa Dikontrol Gerakan Tangan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 29 Nov 2017 18:23 WIB
apple
Menangkan Paten, Komputer Apple Nanti Bisa Dikontrol Gerakan Tangan
Desain teknologi sensor gerakan tangan untuk mengendalikan komputer yang dilampirkan dalam paten Apple.

Jakarta: Tahun depan Apple diprediksi menghadirkan inovasi teknologi yang menghebohkan seperti iPhone X. Apple baru saja memenangkan paten teknologi sensor gerakan tangan (hand gesture) untuk komputer Mac.

Dilaporkan oleh 9to5Mac bahwa paten yang diajukan sejak 2016 tersebut kini berhasil terdaftar atas nama Apple. Teknologi sensor gerak tangan tersebut menggunakan teknologi serupa yang pernah dikembangankan kamera sensor gerak Kinect milik Microsoft.

Teknologi tersebut sejatinya berasal dari sebuah perusahaan di Israel bernama PrimeSense yang pada tahun 2013 diakuisisi oleh Apple. Meskipun tidak diumumkan kabarnya akuisisi ini memiliki nilai sebesar USD300 juta atau Rp4 triliun.

PrimeSense juga ikut tergabung dalam pengembangan pemindai wajah Face ID di iPhone X yangmenggunakan teknologi TrueDepth kamera sehingga bisa memindai wajah pengguna iPhone X dan dipergunakan pada fitur Animoji. 

Diperkirakan teknologi yang sama juga akan ditanamkan di komputer maupun komputer Mac. Sebelum iPhone X diriliskan juga sejak jauh hari sudah beredar desain paten fitur Dace ID. Jadi bisa diprediksi bahwa sensor gerakan tangan dikomputer Mac akan diperkenalkan tahun depan.

Paten ini merupakan satu dari 69 paten baru milik Apple yang baru disetujui United States Patentsand Trademark Office. Dijelaskan bahwa teknologi ini akan bisa membaca gerakan tangan penggunanya dan menyesuaikan dengan antarmuka 3D.

Tahap awal teknologi ini akan bisa membaca gerakan tangan seperti mendorong, melambaikan tangan, mengangkat tangan dan beberapa gerakan lainnya.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /