Jadi Raja Ponsel, Xiaomi Berhasil Geser Samsung

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 28 Nov 2017 15:07 WIB
xiaomi
Jadi Raja Ponsel, Xiaomi Berhasil Geser Samsung
Founder & CEO Xiaomi Lei Jun.

Jakarta: Beberapa waktu lalu Xiaomi mengungkapkan betapa optimis Xiaomi akan menjadi penguasa pasar smartphone di India tahun ini. Kini target tersebut berhasil terwujud.

Lewat sebuah rilis yang dibagikan firma riset IDC (International Data Corporation) kemarin memperlihatkan market share penjualan smartphone di 50 kota India untuk kuartal ke-3 tahun 2017.

Xiaomi diperlihatkan berhasil menyalip Samsung yang sebelumnya menjadi penguasa pasar terbesar. Dalam infografis yang dibuat oleh IDC ditampilkan data Xiaomi menguasai pangsa pasar dari 50 kota di India dengan angka 26,5 persen.

Samsung kini di posisi ke-2 dengan porsi 24,1 persen. Lenovo rupanya masih populer di India dengan peroleh 10,3 persen. Oppo dan Vivo masih belum mampu menyalip Lenovo dengan porsi masing-masing 5,2 persen dan 5,1 persen.



Pihak IDC menjelaskan bahwa 50 kota di India ini berkontribusi terhadap separuh pasar smartphone di negara tersebut. Penjualan smartphone India di kuartal ke-3 tahun 2017 meningkat 27 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Kota Tier I yang merupakan kota besar tetap menjadi pendorong utama penjualan smartphone di India. Kota di Tier II juga tumbuh menjadi penyumbang penjualan smartphone yang pesat. Kota Tier II berkontribusi 40 persen terhadap penjualan smartphone di negara itu.

"Penjualan online besar-besaran menjadi salah satu pemicu pertumbuhan penjualan smartphone di India. Cara ini berkontribusi terhadap 40 persen pasar smartphone di 50 kota tersebut," ungkap Market Analyst IDC India Himanshu Jain. Menurutnya transaksi offline masih kalah ketimbang online.

Hasil riset IDC menyebutkan bahwa Redmi Note 4 mendominasi volume penjualan unit Xiaomi di kuartal ke-3 kali ini, lebih dari 40 persen. Seri smartphone tersebut juga menjadi yang paling laris di 50 kota. Di kuartal ke-3 tahun ini pertumbuhan market share Xiaomi sebesar 120 persen.

Berbeda dengan Samsung yang pertumbuhannya hanya 15 persen jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Posisi Samsung dianggap IDC masih cukup aman dengan penetrasi yang sangat kuat di beberapa kota. Samsung Galaxy J2, J7 Max, dan J7 Nxt menjadi yang populer.

Seperti yang dilaporkan bahwa pada September lalu Redmi Note 4 berhasil terjual 1 juta unit dalam waktu 48 jam di India lewat penjualan online. Lei Jun juga menuturkan siap berinvestasi besar di India dan akan merilis beberapa perangkat Xiaomi khusus hanya untuk di India.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /