Diuji, Ponsel Game Razer Lebih Tangguh dari Nextbit Robin

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 28 Nov 2017 16:23 WIB
smartphone
Diuji, Ponsel Game Razer Lebih Tangguh dari Nextbit Robin
Tampilan depan dan belakang dari Razer Phone, smartphone pertama buatan Razer.

Jakarta: Akun YouTube JerryRigEverything kembali mengunggah video uji daya tahan bodi smartphone. Giliran Razer Phone buatan Razer yang diuji. Razer Phone merupakan smartphone pertama Razer.

Seperti yang diketahui bahwa untuk mengembangkan smartphone ini, Razer mengakuisisi Nextbit yang didirikan oleh Tom Moss, mantan punggawa proyek Android di Google. 

Nextbit pernah merilis satu smartphone bernama Nextbit Robin. Jerry juga pernah menguji smartphone tersebut, dan dalam pengujian Razer Phone kali ini dia menilai bahwa Nextbit sudah melakukan banyak perbaikan lewat Razer Phone.

Seperti biasa, diawali dengan uji gores. Menariknya, Razer Phone menggunakan lapisan pelindung layar Gorilla Glass 3. Padahal kebanyakan smartphone saat ini menggunakan Gorilla Glass 5. 



Kualitasnya masih sangat bagus. Menggunakan perangkat Mohs, layar Razer Phone baru tergores di level 6. Benda seperti kunci maupun uang logam tidak akan memberikan bekas goresan di layarnya.

Razer Phone dibekali dua speaker stereo yang menghadap ke depan, terletak di bagian atas dan bawah layar. Rupanya, pelapis lubang speaker menggunakan bahan plastik, sehingga jika tergores maka akan meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang.

Beruntung, kamera depan 8MP yang melekat dilapisi dengan lapisan Gorilla Glass pada lapisan lensanya, sehingga tidak akan mudah tergores ketika ditaruh dengan kondisi bagian depannya menghadap ke alas.



Apabila Nextbit Robin didominasi material plastik, Razer Phone menggunakan material metal untuk bingkainya. Hal ini terlihat dari goresan yang dibuat pada setiap sisinya, hanya lapisan catnya yang mengelupas.

Ketika pemindai sidik jari di sisi kanan Razer Phone dipenuhi goresan rupanya pemindai sidik jarinya masih bisa berfungsi dengan normal.

Sayangnya bagian belakang smartphone ini tiddak setangguh bagian depannya. Hanya dengan menggunakan kunci bagian belakangnya jauh lebih mudah tergores dan meninggalkan bekas. Begitu juga pada kaca yang melapisi lensa kamera ganda 12MP di belakang. 

Sangat disarankan penggunanya menggunakan case tambahan untuk pelindung atau jangan pernah menaruh bagian belakang smartphone menghadap ke bawah, karena akan cepat dipenuhi bekas goresan.



Kualitas panel LCD yang dipergunakan untuk layarnya menurut Jerry sangat bagus. Dalam uji bakar layarnya dengan menggunakan korek api selama 15 detik dan tampilan layarnya kembali muncul dalam waktu singkat. Artinya layar tersebut mampu bertahan dalam penggunaan waktu yang cukup lama.

Tahap uji terakhir yaitu dengan mencoba membengkokan bodi Razer Phone. Terbukti smartphone ini tidak mudah melengkung dan membuat layarnya retak. Setidaknya, hanya bodi bagian sampingnya yang sedikit melengkung. Setelah semua ujian tadi rupanya Razer Phone masih bisa berfungsi dengan normal.

Jika Anda penasaran di bawah ini tersedia video pengujian oleh JerryRigEverything terhadap Nexbit Robin.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.