Ada Nokia 9 dan Nokia 8 Generasi Kedua per Januari?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 05 Dec 2017 08:35 WIB
nokia
Ada Nokia 9 dan Nokia 8 Generasi Kedua per Januari?
HMD Global dilaporkan berencana untuk meluncurkan Nokia 9 dan generasi kedua Nokia 8 pada bulan Januari di Tiongkok.

Jakarta: Smartphone terbaru Nokia yaitu Nokia 9 dikabarkan tidak akan muncul sebelum akhir tahun 2017. Menurut rumor terbaru, HMD Global akan mengumumkan ponsel cerdas terbaru dalam kurun waktu kurang dari dua bulan.

Laporan terbaru yang dikutip Phone Arena menyebut HMD Global akan menghelat acara peluncuran produk di Tiongkok pada tanggal 19 Januari mendatang. Perusahaan asal Finlandia ini diperkirakan mengumumkan dua perangkat high-end karyanya pada ajang tersebut.

Dua perangkat tersebut diprediksi sebagai Nokia 9 dan versi update dari Nokia 8. Dua smartphone tersebut akan disesuaikan untuk pasar Tiongkok, yang berarti layanan Google seperti Play Store akan digantikan oleh aplikasi yang sesuai dengan regulasi lokal.

Laporan tersebut juga menyebutkan sejumlah spesifikasi utama dari kedua perangkat unggulan terbaru Nokia tersebut. Nokia 9 akan berbekal layar 5,5 inci Quad-HD, RAM 6GB, dan ruang penyimpanan internal 64GB dan 128GB.

Kedua perangkat akan dilengkapi dengan fitur seperti desain layar dominan, dengan rasio aspek 18:9, didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 835, kamera belakang ganda, dan proteksi terhadap air dan debu bersertifikasi IP67.

Tersedia juga informasi terkait dengan Nokia 9, untuk model dengan kombinasi RAM dan kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 6GB dan 64GB akan dipasarkan seharga CNY3.699 atau sekitar USD558 (Rp7,8 juta).

Sementara itu, model dengan kombinasi RAM dan kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 6GB dan 128GB akan dipasarkan seharga CNY4.199 atau sekitar USD634 (Rp8,5 juta). Sayangnya, deret informasi tersebut masih belum mendapatkan konfirmasi dari HMD Global.

Acara peluncuran Nokia 9 dan generasi kedua dari Nokia 8 disebut akan serupa dengan acara peluncuran Nokia 6 di Tiongkok pada bulan Januari 2017 lalu, sementara peluncuran globalnya dilakukan pada ajang MWC pada bulan Februari.


(MMI)