Jijik dengan Facebook, Steve Wozniak Hapus Akunnya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 10 Apr 2018 11:56 WIB
media sosialapplefacebookCambridge Analytica
Jijik dengan Facebook, Steve Wozniak Hapus Akunnya
Steve Wozniak memutuskan untuk menghapus akun Facebook miliknya. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Jakarta: Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak berkata bahwa dia "jijik" melihat cara Facebook mengurus data pribadi penggunanya. Dia lalu menonaktifkan akun Facebook miliknya pada hari Minggu kemarin. 

"Kita semua harus merasa risih dengan banyaknya data yang bisa mereka akses, seperti informasi profil yang kita rasa harusnya menjadi data pribadi," kata Wozniak dalam email pada CNNMoney. "Saya jijik pada Facebook." 

"Namun, sama seperti kalian semua, saya mengklik 'Terima' atau 'OK' atau sesuatu seperti itu dan memberikan semua itu pada Facebook. Saya selalu merasa tidak nyaman dengan situs media sosial karena bisa menjual barang-barang saya, seperti foto saya dan mendapatkan uang dari itu."

Wozniak mengungkap pendapatnya sebelum CEO Facebook Mark Zuckerberg akan memberikan testimoni di hadapan komite kongres tentang skandal Cambridge Analytica. 

Cambridge Analytica adalah perusahaan data asal London yang digunakan oleh tim sukses Donald Trump. Perusahaan itu berhasil mendapatkan data dari sekitar 87 juta pengguna Facebook tanpa izin mereka. Bulan lalu, Facebook memblokir Cambridge Analytica dari media sosialnya. 

Wozniak merasa, Facebook tidak melindungi data para penggunanya seperti yang Apple lakukan. Facebook justru mendapatkan untung memanfaatkan informasi pengguna. Wozniak, yang ikut mendirikan Apple pada 1970-an bersama Steve Jobs, masih bekerja di Apple hingga sekarang. 

Wozniak yang juga mendirikan Electronic Frontier Foundation, grup advokasi untuk hak digital mengatakan bahwa para pengguna media sosial harus mulai peduli tentang cara kerja media sosial.

"Semua orang bisa masuk ke menu pengaturan Facebook dan melihat bagian iklan dan mengerti mengapa ini membuat saya muak," ujarnya. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.