XL dan Kemenhub Pasang Informasi Mudik Format Digital

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 06 Jun 2018 18:47 WIB
xltelekomunikasi
XL dan Kemenhub Pasang Informasi Mudik Format Digital
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat mobile BTS XL yang berada rest area tol Merak, Jakarta.

Jakarta: XL Axiata berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dalam menyediakan informasi seputar mudik dalam format digital.

Pihak XL menyatakan bahwa kolaborasi ini hadir dari ide bahwa saat ini masyarakat lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi seputar perjalanan mudik melalui perangkat digital atau internet.

Sementara itu, hingga tahun lalu, informasi seputar mudik masih banyak yang disebarkan melalui materi tercetak, berupa brosur maupun peta perjalanan.

"Kami di XL Axiata menyambut baik upaya pemerintah untuk mulai memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai barbagai hal, salah satunya informasi seputar mudik ini oleh Kementerian Perhubungan. Pesan dalam format digital juga akan lebih efektif dan efisien," ungkap Direktur Teknologu XL Axiata Yessie D. Yosetya.

Mengambil contoh Peta Mudik yang bertahun-tahun belakangan masih hadir dalam bentuk hardcopy Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengakui bahwa cara tersebut kini kurang efektif karena rentan hilang dan rusak, serta butuh biaya untuk mencetaknya.

"Pemerintah membutuhkan dukungan digital untuk menyebarkan informasi seputar mudik, di mana cakupan informasi bisa lebih luas, bisa diakses kapan saja dan di mana saja," tutur Budi. Langkah ini menurut Budi juga menjadi cara pemerintah memberikan layanan informasi yang lebih baik dan mudah di akses.

Nantinya informasi seputar mudik meliputi informasi mengenai call center dan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi pemudik untuk mendapatkan informasi penting seperti daftar tarif tol, daerah rawan kecelakaan, dan posko kesehatan atau rest area.

Pelanggan XL Axiata bisa mengakses informasi seputar mudik tersebut melalui sejumlah layanan digital yang tersedia antara lain melalui SMS LBA (location based advertising) yang disebarkan di titik-titik mudik sesuai dengan informasi yang disampaikan.

Pelanggan XL Axiata mulai bisa mendapatkan informasi seputar mudik ini antara H-10 hingga H+10 lebaran.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.