Samsung Sekarang Punya Laptop Gaming Pakai Intel Coffee Lake

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Apr 2018 10:50 WIB
Samsung Sekarang Punya Laptop Gaming Pakai Intel Coffee Lake
Samsung Notebook Odyssey Z.

Jakarta: Pengumuman prosesor terbaru Intel Generasi ke-8 Coffee Lake diikuti banyak vendor laptop gaming. Samsung ternyata tak mau ketinggalan.

Ya, Samsung. Anda mungkin termasuk yang merasa aneh bahwa nama Samsung muncul di industri laptop gaming. Kenyataannya, pihak Samsung secara resmi mengumumkan laptop gaming terbaru mereka,Samsung Notebook Odyssey Z.

Dari desainnya, memang laptop gaming Samsung tidak mengusung desain kelas berat. Harus diakui, ada beberapa unsur desain dari kebanyakan laptop gaming yang juga dihadirkan di laptop ini.

Artinya, Samsung cukup jeli untuk tidak macam-macam dengan menciptakan desain laptop gaming yang respons di pasar belum tentu baik. Misalnya saja, desain keyboard backlit dan trackpad di laptop Samsung Notebook Odyssey Z sama seperti laptop gaming premium di pasar.



Laptop gaming ini juag terbilang tidak tebal, meskipun tidak termasuk yang tipis. Ketebalannya 17,9mm dengan bobot 2,4kg. Layarnya berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080).

Bagian atas keyboard disisakan sebuah ruang yang di dalamnya berisi dual fan untuk sistem pendingin CPU dan GPU, yang Samsung beri nama Z Blade Blowers dari teknologi Z Aero Flow Cooling Design.

Beralih ke dapur pacunya, Samsung Notebook Odyssey Z menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-8 yang tidak disebutkan secara persis serinya. Mengutip dari AnandTech, kemungkinan laptop ini menggunakan Core i7-8750H atau i7-8850H.



Pada RAM telah tersedia kapasitas 16GB DDR4 dan memori penyimpanan 1TB SSD NVMe PCIe. Kemudian di kartu grafis laptop ini menggunakan NVIDIA GeForce GTX1060 6GB Max-P. Konektivitas yang disediakan antara lain satu port USB-C, dua port USB3.0, satu port USB2.0, satu port HDMI, dan dua audio jack untuk mikrofon dan headset.

Belum diketahui berapa harganya, namun Samsung menuturkan bahwa produk ini akan mulai dirilis pada Q3 2018 untuk kawasan Amerika Serikat dan negara tertentu di antaranya Korea dan Tiongkok di bulan ini.
(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

5 hours Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.