Apple Blokir Steam Link dari App Store

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 May 2018 16:11 WIB
applesteam
Apple Blokir Steam Link dari App Store
Aplikasi Steam Link diblokir dari App Store.

Jakarta: Aplikasi layanan streaming game milik Valve, Steam Link, tidak akan tersedia untuk iOS, meski versi beta dari aplikasi tersebut telah diuji di Android pada bulan ini.

Menurut akun Twitter resmi Steam Database Twitter, Apple menolak aplikasi Steam Link karena "konflik bisnis dengan peraturan pada App Store." 

Pengumuman tentang ketersediaan Steam Link untuk mobile pertama kali diumumkan pada bulan Maret lalu. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengakses game Steam mereka dari perangkat mobile. Aplikasi ini juga memungkinkan game dimainkan melalui perangkat mobile atau menggunakan controller Bluetooth. 

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, saat ini, masih belum diketahui "konflik bisnis" apa yang dimaksud oleh Apple. Ada kemungkinan, konflik itu terkait dengan bayaran 30 persen yang didapatkan oleh Apple dari transaksi di App Store, termasuk pembelian dalam aplikasi itu sendiri.

Kemungkinan lainnya, konflik terjadi karena Steam Link memungkinkan pengguna iOS untuk mengakses toko aplikasi lain, yaitu Steam. Apple menolak untuk berkomentar terkait hal ini. 

"Pada hari Senin, 7 Mei, Apple menyetujui peluncuran aplikasi Steam Link," tulis Steam Database.

"Pada hari Rabu, 9 Mei, Valve merilis kabar terkait aplikasi tersebut. Pagi berikutnya, Apple membatalkan izin mereka dengan alasan konflik bisnis dengan peraturan aplikasi yang disebutkan tidak disadari oleh tim peninjau pertama."

"Valve mengajukan keberatan, menjelaskan bahwa aplikasi Steam Link hanyalah berfungsi sebagai desktop remote berbasis LAN, mirip dengan aplikasi-aplikasi desktop lain yang telah tersedia di App Store. Pada akhirnya, keberaatan kami ditolak, membuat aplikasi Steam Link untuk iOS tidak bisa diluncurkan."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.