Pixel Jadi Langkah Awal Google di Ranah Hardware

Ellavie Ichlasa Amalia, Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 06 Oct 2016 18:02 WIB
google
Pixel Jadi Langkah Awal Google di Ranah Hardware
Google menunjuk mantan eksekutif Amazon Kindle untuk membantu pengembangan divisi hardware.

Metrotvnews.com: Google baru saja meluncurkan Pixel, smartphone yang diklaim memiliki teknologi kamera paling canggih saat ini. Dengan ini, Google akan secara aktif membuat smartphone dan tidak sekadar menyediakan sistem operasi Android saja.

Meskipun Pixel memiliki banyak keunggulan, mulai dari performa yang cepat, bodi aluminium dengan desain unibody, layar AMOLED beresolusi tinggi, sistem laser autofocus dan phase-detect hingga pemindai sidik jari yang dapat diandalkan, tapi tampaknya, sambutan yang diterima oleh Pixel tidak terlalu meriah. 

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, psikologi manusia memiliki dinamika yang menarik karena semakin baik kualitas sebuah barang, justru semakin banyak protes yang muncul. Pada dasarnya, ekspektasi masyarakat lebih tinggi dari produk yang akhirnya muncul. Tampaknya, hal inilah yang terjadi dengan Pixel. 

Harus diakui, Google memang tidak menawarkan sesuatu yang sama sekali baru dengan Pixel. Namun, kelebihan utama smartphone tersebut adalah pada software yang ada di dalamnya. Dalam acara peluncuran Pixel, Google menghabiskan waktu lebih lama untuk menjelaskan tentang Google Assistant daripada tentang hardware pada Pixel.



Keputusan Google untuk meluncurkan Pixel tahun ini dianggap sebagai keputusan yang tepat, karena Samsung sedang mengalami masalah dengan Galaxy Note 7 dan Apple tidak menawarkan teknologi yang sama sekali baru dengan iPhone 7.

Dengan Pixel, Google akan dapat mengubah dinamika pasar smartphone premium, yang selama ini didominasi oleh Apple dan Samsung. Meskipun saat ini Google masih menekankan fungsi software dalam Pixel, di masa yang akan datang, seiring dengan pengalaman yang mereka dapat, Google juga akan dapat menawarkan sesuatu yang menarik dari sisi hardware.

Terlihat jelas bahwa Google serius di ranah hardware. Salah satu buktinya adalah saat perusahaan bermarkas di Mountain View itu mempekerjakan David Foster, salah satu orang yang berperan penting dalam pengembangan Amazon Kindle.

Foster mengakhiri masa kerjanya di Amazon pada awal minggu ini, dan beralih ke raksasa teknologi mesin pencarian tersebut. Foster akan bertindak sebagai Vice President of Product Engineering untuk grup hardware Google. Posisi yang diisi Foster tersebut merupakan posisi baru, sehingga kehadirannya bukan sebagai pengganti pegawai Google lainnya.

Menurut laporan baru yang diedarkan Phone Arena, David Foster akan melapor langsung ke Rick Ostreloh, mantan eksekutif Motorola yang kini menjabat sebagai pimpinan dari proyek hardware Google.


(MMI)