Tahun Lalu, Facebook Bayar Pajak Rp67 Miliar ke Inggris

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 10 Oct 2016 17:26 WIB
facebook
Tahun Lalu, Facebook Bayar Pajak Rp67 Miliar ke Inggris
Facebook membayar pajak pada tahun 2015 jauh lebih besar dari tahun 2014. (AP Photo / Jeff Chiu, File)

Metrotvnews.com: Facebook membayar pajak perusahaan sebesar GBP4.16 juta (Rp67,1 miliar) ke Inggris tahun lalu, seiring dengan semakin besarnya bisnis mereka di sana.

Nilai pajak itu jauh lebih besar dari pajak yang mereka bayarkan di tahun 2014, yaitu GBP4,327 (Rp69,8 juta). Ketika itu, Facebook dianggap membayar terlalu kecil.

Namun, Facebook mendapatkan kredit pajak sebesar GBP11 juta (Rp177,4 miliar), yang bisa digunakan untuk mengurangi pajak yang harus mereka bayarkan di masa depan. Facebook mengaku "bangga" karena berhasil mengembangkan bisnisnya di Inggris, lapor BBC.

Para analis berkata, Facebook berhasil mendapatkan ratusan juta dollar di Inggris setiap tahunnya. Namun, sebelum ini, transaksi mereka dibukukan di Irlandia, sehingga, jumlah pajak yang harus Facebook bayarkan di Inggris tidak terlalu besar, menurut laporan Reuters.

Facebook UK Ltd mendapatkan dana dari afiliaasi seperti unit Facebook utama di Irlandia. Di tahun 2015, mereka mendapatkan GBP210 juta (Rp3,4 triliun) dari para afiliasi ini. Juru bicara Facebook berkata, mereka telah membayar semua pajak yang harus mereka bayarkan, sesuai dengan regulasi di Inggris.

Didorong oleh kemarahan masyarakat, politikus Inggris mengkritik sistem pemajakan Facebook dan perusahaan teknologi besar lainnya yang berasal dari AS. Perusahaan-perusahaan tersebut mengeksploitasi lubang dalam peraturan pajak AS dan internasional sehingga jumlah pajak yang harus mereka bayarkan dari keuntungan di luar AS sangat kecil.

Tahun lalu, pemerintah Inggris memperkenalkan pajak baru yang menargetkan perusahaan dengan struktur seperti Facebook. Di Maret, Facebook berkata, mereka akan mulai melaporkan penghasilan mereka di Inggris mulai tahun 2016, meski masih belum diketahui berapa besar pajak yang harus mereka bayarkan nantinya.


(MMI)