Aplikasi Ini Bisa Ubah Ponsel Jadi Oculus Rift

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 10 May 2016 08:06 WIB
software and technology
Aplikasi Ini Bisa Ubah Ponsel Jadi Oculus Rift
Gambaran aplikasi VRidge saat dijalankan

Metrotvnews.com: Virtual reality merupakan teknologi yang sangat menarik untuk dicoba. Sayangnya, perangkat VR yang ada saat ini, seperti Oculus Rift dan HTX Vive, masih sangat mahal.

Namun, bukan berarti hal tersebut menghalangi Anda untuk merasakan sensasi VR dengan harga murah. Melalui aplikasi VRidge, kini Anda bisa menyulap ponsel Anda menjadi kacamata VR untuk PC dan Anda bisa menggunakan Google Cardboard sebagai penyangganya.

VRidge merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Riftcat. Dikutip dari SlashGear, aplikasi VRidge dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian server yang dijalankan di PC serta bagian client yang dijalankan di ponsel.

Aplikasi server VRidge akan bekerja untuk mengolah data grafis dari berbagai konten yang dijalankan di PC dan mengirimkannya ke ponsel. Setelah itu, aplikasi ponsel akan menyesuaikannya dengan spesifikasi layar yang dimiliki, sehingga konten di PC dapat ditampilkan dalam sajian VR di ponsel.

Secara kasar, VRidge memang merupakan aplikasi yang memungkinkan konten VR di PC untuk dihadirkan di layar ponsel melalui metode streaming.

VRidge juga memanfaatkan WiFi sebagai sarana yang menghubungkan PC dengan ponsel. Tentu saja karena dihadirkan melalui metode streaming, performa dan responnya akan tidak sebaik ketika menggunakan Oculus Rift atau HTC Vive. VRidge juga masih merupakan aplikasi beta saat ini, dan masih terus dikembangkan.




(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.