CES 2018

Qualcomm Pamer SoC untuk Produk Audio Bluetooth

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 09 Jan 2018 14:53 WIB
qualcommces 2018
Qualcomm Pamer SoC untuk Produk Audio Bluetooth
Qualcomm baru saja memperkenalkan SoC baru untuk produk audio.

Jakarta: Qualcomm baru saja mengumumkan SoC (System on Chip) baru untuk produk audio Bluetooth. SoC itu  membutuhkan konsumsi daya yang lebih sedikit dan pada saat yang sama, menggandakan daya komputasi produk audio seperti earbud dan headset nirkabel. 

QCC5100 memiliki radio Bluetooth 5 dual-mode, audio tenaga rendah dan ANC (Active Noise Cancellation) terintegrasi. Qualcomm berkata, chip terintegrasi ini merupakan kunci untuk membuat perangkat audio nirkabel dengan ukuran lebih kecil dan harga lebih terjangkau serta baterai yang lebih awet. 

Dengan SoC barunya, Qualcomm berusaha untuk menyelesaikan salah satu masalah utama dari perangkat nirkabel, yaitu daya baterai. 

Pasar speaker konsumen dianggap sebagai area dengan pertumbuhan tinggi untuk Qualcomm. Alasannya karena perusahaan-perusahaan seperti Apple sibuk menghilangkan port audio dari smartphone terbaru mereka. 

SVP Qualcomm dari bisnis musik dan audio, Anthony Murray mengatakan bahwa seri QCC5100 kini membuka kemungkinan dibuatnya earbud yang dilengkapi dengan deteksi biometrik, penajaman pendengaran dan berbagai fitur asisten virtual. 

"Seiring dengan semakin kecil dan semakin cerdasnya perangkat audio yang ada, penggguna akan ingin menggunakannya untuk kebutuhan lain selain musik dan menerima panggilan telepon," kata Murray.

"Ini menciptakan tuntutan peningkatan performa yang signifikan terkait konsumsi daya dan daya komputasi yang harus bisa dimasukkan ke dalam bodi yang kecil."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.