Ada Celah Keamanan di Prosesor Intel Skylake ke Atas

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 13 Nov 2017 11:52 WIB
cyber security
Ada Celah Keamanan di Prosesor Intel Skylake ke Atas
Prosesor Intel Skylake ke atas berpotensi diserang melalui USB (The Next Web)

Metrotvnews.com: Sebuah celah keamanan kembali ditemukan di teknologi Intel management Engine (IME). Celah keamanan tersebut memungkinkan hacker untuk mengambil alih kontrol komputer melalui port USB.

Celah keamanan ini pertama kali ditemukan oleh Positive Technologies dan diklaim mempengaruhi berbagai varian prosesor mulai dari Intel Skylake ke atas.

Menurut The Next Web, celah keamanan pada IME kali ini memanfaatkan debugging port JTAG (Joint Test Action Group) yang juga terdapat pada USB. Positive Technologies menemukan cara untuk memanfaatkan USB dan JTAG untuk mengontrol sebuah komputer dari jarak jauh.

Sayangnya, mereka tidak mau memberitahu bagaimana caranya. Yang jelas, sejauh ini metode peretasan menggunakan USB kali ini hanya bisa dilakukan di PC dengan prosesor Skylake ke atas.
 

Game over! We (I and @_markel___ ) have obtained fully functional JTAG for Intel CSME via USB DCI. #intelme #jtag #inteldci pic.twitter.com/cRPuO8J0oG

— Maxim Goryachy (@h0t_max) November 8, 2017

Ini memang bukan merupakan kasus keamanan pertama yang ditemukan di teknologi IME. Yang jadi perhatian kali ini adalah serangan bisa dilakukan menggunakan port USB yang merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menginfeksi sebuah komputer.

Pasalnya, USB merupakan port yang paling sering digunakan. Jika pemanfaatan celah keamanan ini bisa diaplikasikan ke sebuah malware, maka ini akan menjadi masalah besar.

Sayangnya lagi, teknologi IME tidak bisa dihilangkan karena ia merupakan komponen fisik yang sudah tertanam di dalam chip prosesor.

Meski demikian, Anda bisa mematikan fitur ini melalui BIOS. Hingga ada pengumuman resmi dan patch dari Intel, kami sangat menyarankan Anda untuk mematikan IME.


(MMI)