Laptop Pakai Prosesor AMD Ryzen Mobile Resmi Masuk Indonesia

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 06 Nov 2017 17:05 WIB
amd
Laptop Pakai Prosesor AMD Ryzen Mobile Resmi Masuk Indonesia
Laptop dengan prosesor AMD Ryzen Mobile resmi hadir di Indonesia (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: AMD akhirnya memboyong prosesor mobile barunya ke Indonesia. Hari ini AMD Indonesia memperkenalkan prosesor AMD Mobile terbaru atau Raven Ridge.

Seperti yang telah di beritakan sebelumnya, Raven Ridge merupakan APU (Accelerated Processing Unit) dengan kombinasi CPU Ryzen dan GPU Radeon Vega. Melalui prosesor mobile ini, AMD mengklaim mampu menghadirkan performa yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari sebelumnya.

Selain itu, pihak AMD juga mengatakan prosesor ini merupakan salah satu wujud inovasi dari AMD untuk pasar laptop karena pasar tersebut dianggap sudah lama tidak berinovasi.

"Pasar laptop haus dengan inovasi yang tidak kunjung tiba, dan kali ini kami hadir untuk 'melepas dahaga' tersebut," ujar AMD Consumer Sales Director untuk wilayah Asia Pasifik dan Jepang, Peter Chambers.

"Prosesor Ryzen Mobile kali ini akan menghadirkan performa terbaik untuk laptop dan perangkat ultra thin yang sedang dilirik oleh pasar saat ini."

Chambers juga mengatakan, hingga saat ini AMD memang belum pernah menyentuh ranah laptop ultra thin, sehingga kehadiran Ryzen Mobile ini merupakan langkah awal AMD untuk kembali bersaing dengan pasar yang dikuasai Intel. 



Mengapa pasar laptop ultra thin? Dalam presentasinya, Chambers mengatakan pasar laptop ultra thin merupakan yang paling memiliki potensi saat ini. Untuk unggul, ia mengatakan AMD harus bisa menghadirkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

"Ada tiga hal yang dicari konsumen saat ini pada sebuah laptop ultra thin, yaitu performa yang tinggi, memiliki banyak fitur, dan bisa digunakan untuk bermain game," jelas Chambers.

"Untuk itu kali ini kami tidak main-main. Kami mengerahkan lebih dari dua juta insinyur untuk merancang Ryzen Mobile dan meningkatkan dana risetnya. Dari sana, lahirlah prosesor ini."

Tidak tanggung-tanggung, AMD menyebut Ryzen Mobile sebagai "prosesor mobile terkencang yang ada saat ini". Tentu saja, seperti biasa AMD membeberkan hasil pengujian dengan prosesor kompetitornya dari Intel. Yang menarik adalah Ryzen Mobile bisa bersaing dengan prosesor desktop Intel yang memiliki TDP lebih tinggi di pengujian Cinebench R15 multi core.



Ada dua prosesor Ryzen Mobile yang dikenalkan kali ini, yaitu Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Keduanya menggunakan GPU AMD Vega 10 (untuk Ryzen 7 2700U) dan Vega 8 (untuk Ryzen 5 2500U). Sama seperti prosesor Ryzen versi desktop, dua prosesor ini juga memiliki fitur seperti SenseMI, Precission Boost, dan mXFR.

Beberapa vendor yang telah memiliki produk yang mengadopsi prosesor ini di antaranya adalah HP, ACER, Lenovo, dan Dell. Semuanya merupakan produk laptop ultra thin, dan kemungkinan besar bakal dirilis dalam waktu dekat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.