Google Mulai Siapkan Android Oreo untuk Ponsel Global

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 04 Oct 2017 09:49 WIB
google
Google Mulai Siapkan Android Oreo untuk Ponsel Global
Android masuk ke dalam daftar distribusi Android Google pada bulan Oktober 2017.

Metrotvnews.com: Pixel 2 dan Pixel XL 2 mungkin akan segera menjadi smartphone pertama yang didistribusikan menggunakan sistem operasi Android Oreo, dan segera diikuti oleh Huawei Mate 10. Versi baru Android tersebut telah masuk ke dalam bagan distribusi bulan Oktober Google.

Sebagian besar perangkat Nexus dan Pixel memang telah menerima update ke Android Oreo, namun jumlah perangkat tersebut baru berkontribusi sebanyak kurang dari satu persen dari pangsa pasar smartphone Android dunia.

Sementara itu, Google dilaporkan tidak mempertimbangkan versi Android dengan kontribusi distribusi kurang dari satu persen. Hal tersebut menjadi alasan dibalik absennya Android Oreo pada bagan distribusi Android Google sebelum bulan Oktober.

Bagain distribusi Android Oreo pada bulan Oktober menampilkan jumlah distribusi Android 8.0 Oreo sebesar 0,2 persen dari pangsa pasar secara keseluruhan, sedangkan jumlah distribusi Android Nougat mencapai 17,8 persen.

Posisi teratas masih diduduki oleh Android Marshmallow dengan jumlah distribusi mencapai 32 persen dari pangsa pasar, diikuti oleh Lollipop sebesar 27,7 persen. Daftar tersebut juga diisi oleh Android KitKat sebesar 14,5 persen, dan Android Jelly Bean sebesar 7,6 persen.

Android Ice Cream Sandwich dan Android Gingerbread menjadi penutup daftar tersebut dengan jumlah distribusi sebesar 0,6 persen. Menurut Google, jumlah tersebut berdasarkan data yang dihimpun selama tujuh hari yang berakhir pada 2 Oktober lalu.


(MMI)

Video /