Robot Buatan Toyota Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 21 Nov 2017 18:12 WIB
teknologirobot
Robot Buatan Toyota Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh
Robot Toyota T-HR3 didampingan wahana kendali Master Maneuvering System.

Jakarta: Bukan hanya Honda yang mengembangkan robot berbentuk humanoid atau berpostur seperti manusia. Toyota juga mengembangkan robot yang sama, bahkan jauh lebih baik.

Dikabarkan oleh Engadget, robot yang dikembangkan oleh Toyota setahun belakangan ini bisa dikendalikan manusia dari jarak jauh. Robot yang dikembangkan tersebut memiliki bagian sendi gerak yang lebih sempurna sehingga mampu melakukan gerakan seperti yang dilakukan manusia.

Dalam pernyataan yang dibagikan Toyota mereka menyebutkan bahwa robot ini merupakan tahap pengembangan ketiga dengan pergerakan yang jauh lebih baik. Mereka menambahkan teknologi alat kendali sehingga bisa dikendalikan dari jauh.



Robot bernama T-HR3 ini memiliki kendali bernama Master Maneuvering System yang bisa dikendarai pengendali robot tersebut. Setiap gerakan penggunanya akan dikirim ke robot T-HR3. Canggihnya lagi pengendali juga bisa mendapatkan pandangan dari robot.

Jadi apa yang dilihat oleh sang robot juga bisa dilihat oleh pengendalinya. Teknologi ini menggunakan perangkat proyektor yang dipergunakan oleh pengendalinya. Disebutkan bahwa teknologi tersebut menggunakan perangkat HTC Vive.

Robot T-HR3 memiliki tinggi sekitar 150cm dengan bobot 74kg. Toyota berencana pengembangan robot ini akan memungkinkan T-HR3 untuk dipergunakan sebagai robot pada fasilitas kesehatan, proyek pembangunan, bantuan saat bencana, bahkan bisa dikirim ke luar angkasa.




(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

1 day Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.