Robot Buatan Toyota Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 21 Nov 2017 18:12 WIB
teknologirobot
Robot Buatan Toyota Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh
Robot Toyota T-HR3 didampingan wahana kendali Master Maneuvering System.

Jakarta: Bukan hanya Honda yang mengembangkan robot berbentuk humanoid atau berpostur seperti manusia. Toyota juga mengembangkan robot yang sama, bahkan jauh lebih baik.

Dikabarkan oleh Engadget, robot yang dikembangkan oleh Toyota setahun belakangan ini bisa dikendalikan manusia dari jarak jauh. Robot yang dikembangkan tersebut memiliki bagian sendi gerak yang lebih sempurna sehingga mampu melakukan gerakan seperti yang dilakukan manusia.

Dalam pernyataan yang dibagikan Toyota mereka menyebutkan bahwa robot ini merupakan tahap pengembangan ketiga dengan pergerakan yang jauh lebih baik. Mereka menambahkan teknologi alat kendali sehingga bisa dikendalikan dari jauh.



Robot bernama T-HR3 ini memiliki kendali bernama Master Maneuvering System yang bisa dikendarai pengendali robot tersebut. Setiap gerakan penggunanya akan dikirim ke robot T-HR3. Canggihnya lagi pengendali juga bisa mendapatkan pandangan dari robot.

Jadi apa yang dilihat oleh sang robot juga bisa dilihat oleh pengendalinya. Teknologi ini menggunakan perangkat proyektor yang dipergunakan oleh pengendalinya. Disebutkan bahwa teknologi tersebut menggunakan perangkat HTC Vive.

Robot T-HR3 memiliki tinggi sekitar 150cm dengan bobot 74kg. Toyota berencana pengembangan robot ini akan memungkinkan T-HR3 untuk dipergunakan sebagai robot pada fasilitas kesehatan, proyek pembangunan, bantuan saat bencana, bahkan bisa dikirim ke luar angkasa.




(MMI)