AS Curiga Drone DJI Jadi Alat Mata-mata

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 01 Dec 2017 14:35 WIB
dronecyber security
AS Curiga Drone DJI Jadi Alat Mata-mata
Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang sangat masif menggunakan drone.

Jakarta: Amerika Serikat sedang sangat agresif dalam melindungi keamanan negara mereka di ranah teknologi dan dunia maya. Jika kemarin perusahaan Tiongkok yang ingin berinvestasi dituduh memata-matai, kini merek drone ternama asal Tiongkok DJI yang dituduh.

Sebuah memo yang dari Imigrasi dan Bea Cukai Los Angeles, AS, yang dirilis sejak bulan Agustus lalu beredar dan berisi pesan bahwa drone milik DJI telah memata-matai Amerika Serikat. Setiap data yang terekam oleh drone tersebut dianggap sebagai data yang diberikan ke pemerintahan Tiongkok seperti, foto, video, dan lokasi sebuah fasilitas.

Lembaga yang berada di bawah naungan Badan Pertahanan Nasional Amerika Serikat tersebut menegaskan bahwa data-data tersebut bisa dipergunakan oleh pemerintah Tiongkok suatu hari nanti untuk melakukan serangan termasuk serangan siber ke negaranya.

DJI yang memiliki pasar cukup besar di kawasan Eropa dan Amerika tentu saja segera merespons tuduhan ini dengan menganggap itu merupakan teori yang berlebihan. Pihak DJI meminta agar tuduhan tersebut disertakan dengan bukti-bukti yang jelas.

Belum diketahui respons dari pemerintahan Amerika Serikat atas jawaban DJI. Namun, hal ini justru akan memperkeruh hubungan negara itu dengan Tiongkok yang sebelumnya sedang bekerjasama mengatasi tingkah dari negara Korea Utara.

Bukan kali pertama DJI mendapat tuduhan semcam ini. Sebelumnya Amerika Serikat dan beberapa negara juga mengeluarkan perintah tidak menggunakan drone DJI untuk kebutuhan pihak berwenang atau pemerintahan serta bisnis.

Belakangan ini isu keamanan terutama di ranah siber semakin ramai diperdebatkan. Perangkat elektronik komersial yang digunakan saat ini semakin terbukti semakin rentah disusupi sebagai alat mata-mata.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /