Rata-Rata, XL Alokasikan 70% Capex Demi Bangun BTS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 26 Dec 2017 16:36 WIB
xltelekomunikasi
Rata-Rata, XL Alokasikan 70% Capex Demi Bangun BTS
XL habiskan lebih dari 50 persen modal untuk bangun BTS baru.

Jakarta: Seiring dengan meningkatnya permintaan akan layanan telekomunikasi, mulai dari telepon, SMS sampai data, XL juga terus membangun BTS di berbagai wilayah di Indonesia. XL memperkirakan, BTS yang telah mereka miliki sekarang telah mencapai lebih dari 100 ribu unit. 

“Kini, jaringan XL Axiata telah tersedia di semua kota/kabupaten di sebagian besar provinsi Indonesia. BTS milik XL Axiata berdiri di Pulau Weh di ujung paling Barat dan di Merauke serta Jayapura di ujung paling Timur Nusantara," kata CEO XL Axiata Dian Siswarini.

"BTS kami juga ada di sejumlah pulau-pulau terpencil dan terdepan, seperti di Semeulue, Natuna, dan Sebatik."

Membangun jaringan bagi XL merupakan salah satu prioritas utama mereka setiap tahun, baik untuk memperluas wilayah jaringan atau menjaga kualitas jaringan di tempat yang telah mereka layani.

XL menyebutkan, pembangunan infrastruktur merupakan prioritas utama dalam alokasi belanja modal atau capex. Setiap tahun, XL biasanya menghabiskan 70 persen belanja modal untuk mengembangkan infrastruktur. 

Selain meningkatkan kualitas layanan, XL juga membangun BTS baru dengan tujuan untuk memperluas jaringan mereka. Salah satu wilayah baru XL tahun ini adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

XL menyebutkan, saat ini, jaringan mereka di NTT telah mencapai 20 kota/kabupaten. Pembangungan jaringan di NTT ini dimulai pada bulan Agustus lalu. Salah satu fokus utama XL di NTT adalah di kota utama, Labuhan Bajo. 

Dengan adanya internet kecepatan tinggi di Labuhan Bajo, yang merupakan destinasi wisata, XL berharap internet itu akan bisa mendukung perkembangan industri wisata di tempat tersebut. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.