Otomatisasi dan AI Jadi Teknologi Sehari-hari

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 20 Apr 2018 10:39 WIB
omron
Otomatisasi dan AI Jadi Teknologi Sehari-hari
Robot Forpheus yang memiliki teknologi kecerdasan buatan dan machine learning yang diciptakan Omron.

Jakarta: Beberapa tahun belakangan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mendorong lahirnya teknologi otomatisasi semakin nyata.

Omron menilai bahwa kehadiran dua teknologi tadi kini semakin populer dan bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak seperti anggapan yang beredar selama ini bahwa kedua teknologi tersebut hanya akan hadir di perangkat mahal.

Sebagai contoh, banyak peralatan rumah tangga seperti lemari es, televisi, mesin pencuci piring, microwave dan bahkan alat-alat kesehatan seperti pengukur tekanan darah digital telah dilengkapi dengan teknologi sensing dan control.

Kemudian kedua teknologi tersebut juga memudahkan tugas pekerja di pabrik, bekerja berdampingan dengan robot pintar dan menggunakan teknologi otomatisasi modern yang mampu mengerjakan pekerjaan berulang (repetitif) secara presisi.

Beberapa waktu lalu, Omron memamerkan robot tutor tenis meja yang bisa bermain melawan manusia dengan mempelajari gaya bermain lawan. Robot bernama Forpheus tersebut dipamerkan pada ajang CES (Consumer electronics Show) 2018 Las Vegas, Amerika Serikat bulan Januari lalu.

Selain itu Omron juga mengembangkan perangkat dan sistem pendeteksi rasa kantuk pada pengendara lewat pengkuran vestibulo-ocular reflex (VOR).

Lewat kamera yang terpasang di mobil, teknologi VOR Omron bisa membaca gerakan dan pupil bola mata pengendara sehingga memberikan informasi ke pengendara bahwa mereka mulai merasakan mengantuk dan sebaiknya beristirahat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.